Cara Membuat Masker Alpukat Untuk Kulit Berminyak

00.54.00

Gambar bahan masker alpukat untuk kulit berminyak
Alpukat merupakan buah yang lembut dan sangat lezat, kaya akan sangat banyak nutrisi bagi kesehatan kulit. Hal ini membuatnya juga lebih bermanfaat jika digunakan langsung pada kulit, ya dioleskan sebagai masker. Masker alpukat sudah banyak sekali digunakan sekarang, bahkan oleh aktris hollywod Jessica Biel sekalipun, untuk membuat kulitnya tetap cantik dan kenyal.

Mengandung banyak lemak sehat, minyak alami, antioksidan, membuat alpukat merupakan buah yang sempurna untuk mengatasi berbagai masalah di kulitmu. Masker alpukat sangat cocok untuk wajah yang berminyak dan sering bermasalah dengan jerawat, bahkan untuk kulit yang sudah mengalami penuaan.

Apa saja Nutrisi Alpukat dan Manfaatnya Bagi Kulit?

1. Antioksidan yang Menyehatkan Kulit

Alpukat adalah buah yang kaya antioksidan dan beta karotin. Zat yang dapat mengatasi radikal bebas ini mampu melindungi kulit dari pengaruh lingkungan. Mengatasi garis samar, keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Kandungan karotenoid yang tinggi telah terbukti meningkatkan elastisitas dan kecerahan kulit.

2. Vitamin C

Mungkin kamu ga akan menyangka, kalau alpukat mengandung banyak vitamin c yang baik bagi kesehatan kulit. Sebaiknya kamu memiliki banyak alternatif asupan vitamin c, karena vitamin c larut dalam air dan tidak bisa disimpan dalam tubuh. Dengan vitamin, kulit kamu akan lebih lembut dan kenyal.

3. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan satu lagi bagi kulit, tapi karena larut dalam lemak, efeknya pada tubuh sedikit berbeda. Vitamin E membantu mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan pada kulit.

Hasil penelitian telah menemukan bahwa vitamin E dapat mengurangi efek dari sinar UVA dan UVB yang disebabkan paparan sinar matahari.

Vitamin E akan sangat lebih berkhasiat kalau kamu dapatkan langsung dari buah alpukat segar. Baik itu dikonsumsi, atau digunakan langsung untuk perawatan kulit.

4.Asam Lemak Tak Jenuh

Salah satu manfaat utama dari buah alpukat datang dari asam lemaknya. Asam lemak tak jenuh ini menjaga kelembaban lapisa epidermis, mencegahnya agar tidak cepat kering. Omega-9 adalah salah satu nutrisi dalam alpukat yang menyehatkan kulit.

Putih telur sangat potensial untuk mengurangi jumlah minyak berlebih di wajah yang sering menjadi penyebab timbulnya jerawat. Alpukat dan putih telur merupakan perpaduan dua bahan alami yang sangat berkhasiat untuk kulit berminyak. Penggunaannya secara efektif akan melembabkan kulit berminyak tanpa menyebabkan jerawat lebih banyak lagi dalam prosesnya. Alpukat melindungi sel kulit lapisan luar dari iritasi dan berbagai gangguan kulit lain seperti, eczema dan psoriasis.

Kaya akan banyak vitamin dan mineral yang dapat memberikan perawatan bagi kulit, putih telur bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori yang melebar, mengencangkan dagu yang kendur, mengurangi sebum berlebih dan menghaluskan kulit yang kasar.

Masker Wajah Alpukat dan Putih Telur

Resep masker yang satu ini cocok untuk wajah jenis dengan masalah jerawat, karena berfungsi mengurangi jumlah minyak di wajah.

Bahan :

  • 1/2 buah alpukat matang
  • 1 butir putih telur
  • 1 sendok makan air perasan jeruk lemon


Cara membuat :

  1. Pisahkan alpukat dari biji dan ambil dagingnya secukupnya
  2. Hancurkan dengan bantuan garpu
  3. Tambahkan putih telur dan air jeruk lemon
  4. Oleskan hati-hati pada wajah dan hindari daerah sekitar mata, jeruk lemon perih kena mata
  5. Biarkan selama 10-15 menit
  6. Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih dan keringkan


Masker alpukat ini akan sangat lengket dan cukup sulit dibersihkan. Jadi sangat disarankan untuk dipakai pas sebelum mandi, jadi lebih mudah dibersihkan sekalian mandi. Ingatlah untuk menggunakan air hangat pertama-tama untuk membersihkan masker, baru kemudian gunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori.

Putih telur membuat kulit lebih kencang dan mengangkat wajah, jadi sebaiknya kamu berbaring karena kamu tidak mau wajah kamu tertarik kebawah karena gravitasi kan? :)

Siap-siap mengotori baju kamu, jadi gunakan pakaian yang sudah siap terkena noda dari masker ini.

Oia, kalau kamu khawatir akan masalah alergi, cobalah sebagian masker di tangan atau sikut dan biarkan beberapa menit untuk melihat reaksinya, jika tidak terjadi apa-apa berarti aman untuk kulit kamu.

Selamat maskeran :)

You Might Also Like

0 comments