9 Perawatan Kecantikan di Rumah yang Mudah dan Murah

16.00.00

Apakah kamu suka nyobain hal-hal baru atau emang lagi pengen menghemat pengeluaran? Ada banyak sekali perawatan kecantikan yang bisa kamu cobain di rumah. Semuanya bisa dilakukan sendiri dan bahan-bahanya bisa kamu dapatkan dari dapur atau kulkas. Produk perawatan kulit biasanya punya harga yang cukup mahal, jadi jangan ragu juga kalau kamu mau merawat kesehatan wajah dengan dana yang lebih hemat, caranya dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kamu.

Kalau aktivitas yang padat sepanjang minggu membuat kamu terlalu lelah untuk pergi ke spa atau salon, coba lakukan sendiri di rumah. Hemat pengeluaran kamu untuk keperluan belanja lainnya, cobain tips perawatan kecantikan yang bebas bahan kimia, sederhana, segar dan praktis untuk dicoba sendiri di rumah.

Masker wajah dari buah yang segar



Kamu bisa terseleamatkan dari struk belanja yang panjang dan juga kandungan kimia yang berisiko untuk kulit. Sebenarnya cara membuat masker wajah alami untuk perawatan wajah cukup mudah dan lagi lebih hemat biaya. Kebanyakan resep masker membutuhkan bahan buah segar seperti alpukat dan pepaya atau bahan lain seperti madu atau bahkan coklat yang memiliki keharuman merileksasi. Wanginya lebih mirip adonan kue dibanding masker, bisa bikin kamu ga tahan buat icipin sedikit pas bikin nantinya.
Baca Juga: Tempat Beli Madu untuk Wajah

Luluran di akhir pekan

Exfoliating idealnya dilakukan seminggu sekali, waktu yang pas pastinya akhir pekan, sabtu dan minggu. Kamu bisa coba buat sendiri lulur di rumah dari bahan seperti gula pasir, garam laut atau bubuk kopi. Semuanya baik untuk membantu menggantikan sel kulit mati yang menumpuk beserta kotoran di permukaanya. Menghasilkan kulit yang lebih cerah berseri dan lebih sehat pastinya.

Rendam kaki dan rileksasi

Nikmati akhir pekan sambil bersantai dan memanjakan sepasang kaki kamu yang sudah bekerja keras seminggu penuh. Merendam kaki dengan air hangat dan garam memberikan banyak manfaat, bukan hanya untuk fisik tapi juga psikologis. Garam laut murni memiliki kandungan zat alami yang mampu merubah mood kamu jadi lebih rileks dan nyaman, ini merupakan hasil penilitian ilmiah lho. Selain itu merendam kaki selama 10 menit, juga mampu mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Menghilangkan bau kaki yang tidak sedap, meringankan rasa pegal dan lelah pada kaki adalah manfaat lain yang bisa kamu dapatkan.

Segarkan mata lelah yang bengkak

Teh hijau bisa menjadi salah satu bahan alami yang dicoba untuk perawatan ini. Beli teh hijau yang biasa dijadikan es teh, kemudian simpan beberapa kantung di dalam lemari es. Gosok masing-masing mata dengan tiap teh yang sudah ditempatkan di atas kapas, kemudian letakan di atas mata. Kandungan kafeinnya membantu menyusutkan pembuluh darah, dan antioksidan membantu mengurangi iritasi.

Kentang mentah yang sudah didinginkan di dalam kulkas juga bisa mengurangi pembengkakan, kupas dan iris sebelum diletakkan pada mata. Kentang berfungsi sebagai zat yang meringankan pembengkakan.

Dapatkan rambut yang lebih sehat

Masker rambut super mudah yang bisa kamu buat sendiri di rumah ini cukup simple bahan-bahannya. Kuning telur(protein), alpukat dan minyak zaitun(merawat kulit) serta kondisioner dan mayones untuk mengatasi kekusutan dan menyuburkan.

Baca Juga: Tempat Beli Minyak Zaitun untuk Perawatan Kulit

Bahan:
1 butir kuning telur
1 sendok makan mayones
1/4 buah alpukat
2 sendok makan minyak zaitun
Kondisioner secukupnya

Caranya, campur semua bahan menjadi satu sampai rata dan mengental. Oleskan pada rambut dan biarkan selama satu atau dua jam. Kemudian, bilas sampai berish dan dapatkan rambut yang lebih lembut, berkilau dan kuat.

Bibir yang lebih halus

Gunakan bahan-bahan alami yang lembut ini sebagai exfoliator beberapa kali dalam seminggu.

Bahan :
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh bubuk coklat murni
1 sendok makan madu murni

Caranya, campur semua bahan dalam satu mangkuk dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan lapisan tipis pada bibir dan biarkan selama 10 menit kemudian gosok perlahan untuk bibir yang lebih mulus.

Atasi jerawat membandel

Oleskan sesendok pasta gigi pada jerawat kamu setiap malam. Bahan yang ada di dalam pasta gigi, terutama mint, membantu menyusutkan dan mengeringkan jerawat tanpa menghasilkan luka atau iritasi. Atau kamu juga bisa membuat masker tradisional sendiri untuk mengobati jerawat.

Hasilkan kulit bercahaya

Buat lulur dengan minyak kelapa, gula pasir dan lemon. Gunakan mangkuk untuk memanaskan 1/2 cangkir virgin coconut oil, masukkan dalam microwave. Setelah hangat tambahkan 1/2 cangkir gula pasir. Tambahkan perasan setengah buah jeruk lemon ke campuran tersebut. Minyak kelapa membantu melembabkan kulit, sementara gula pasir dan lemon menghapus sel kulit yang sudah kering atau mati. Bahan ini bisa digunakan pada seluruh tubuh baik kaki atau tangan, terutama pada musim panas.

Rawat kulit agar halus

Saat stres kulit akan terlihat lebih merah dan tidak bersih. Atasi masalah ini dengan vitamin A dan E, yang mana sangat baik untuk mengatasi kulit kering dan meringankan kemerahan. Krim didalam masker ini juga mengandung elastin yang membuat kulit lebih kenyal dan elastis.

Bahan :
1 buah pisang dihancurkan sampai lembut
2 sendok makan krim
1.5 sendok makan madu murni
1.5 sendok makan terigu
1 sendok makan air

Caranya, campur semua bahan dalam satu wadah, campur merata, tambahkan air paling terakhir ke dalam campuran. Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 10 menit, bilas sampai bersih.


Menggunakan bahan alami untuk perawatan mungkin terdengar lebih efisien dibanding efektif, tapi sebenarnya memang memiliki manfaat yang tidak kalah dengan produk perawatan komersil. Karena kamu bisa buat perawatan sendiri di rumah yang manfaatnya setara dengan produk bermerek, tapi lebih aman dan alami.

Selain harganya juga murah, apapun yang kamu buat dirumah(kecuali yang ada campuran bahan kimia) akan jadi 100% alami.  Dan lagi kamu bisa bebas berbagi informasi dengan teman-teman kamu yang punya kulit sensitif atau juga mereka yang awar akan "go green" dan mereka yang khawatir tentang animal testing. Plus, resep-resep perawatan kecantikan ini sudah terbukti dan juga sudah dipraktekan sejak jaman dahulu.

You Might Also Like

3 comments

Statcounter

Support




Health


Top Blogs


W3 Directory - the World Wide Web Directory