5 Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

03.40.00

Tahukah kamu, dengan mengkonsumsi yoghurt kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Selain baik untuk kesehatan pencernaan dan diet, yoghurt juga bermanfaat untuk kulit wajah serta perawatan rambut dan kulit kepala kamu. Bahkan ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi yoghurt untuk membantu pertumbuhan janin.

Yoghurt dan Probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup dan jamur yang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya sistem pencernaan. Sebelumnya kamu pasti berpikir bahwa bakteri adalah hal yang buruk. Tapi sebenarnya tubuh kita sendiri dipenuhi oleh bakteri, apakah itu bakteri baik ataupun bakteri buruk. Probiotik sering disebut sebagai bakteri baik dan membantu, karena bakteri ini  menjaga pencernaan kamu tetap sehat.

Perlu diketahui bahwa tidak semua yoghurt mengandung probiotik. Menurut National Yogurt Association(YNA), produk yoghurt yang memiliki tulisan "Live and Active Cultures" pada kemasan merupakan produk yang mengandung probiiotik.

NYA telah menetapkan standar untuk yoghurt probiiotik. Untuk menghasilkan yoghurt yang sehat setiap kemasan yoghurt harus mengandung setidaknya 100 juta kultur per gram pada saat di produksi. Sementara yoghurt beku harus mengandung 10 juta kultur per gram. Jika jumlah minimal ini terpenuhi, maka label "Live and Active Cultures" akan ditampilkan pada kemasan.

Manfaat Yoghurt untuk Diet

Berikut ini adalah kunci untuk mengurangi berat badan kamu, caranya adalah mengurangi konsumsi kalori. Yoghurt memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

Pertama: Pilih yoghurt tawar yang rendah lemak, karena yoghurt dengan pemanis memiliki kalori tambahan, jadi perlu dihindari.

Kedua: Pilih oatmeal yang tawar juga. Oatmeal yang tawar tidak mengandung gula dan juga memiliki sodium yang lebih  sedikit. Ganti air dengan susu skim untuk meningkatkan asupan protein.

Ketiga: Ganti 2 menu makan kamu setiap hari dengan oatmeal dan yoghurt saja, disarankan saat sarapan dan makan siang. Penelitian yang dipublikasikan oleh "Internation Journal of Obesity", menemukan bahwa yang mengkonsumsi 3 porsi yoghurt setiap hari telah mengurangi 22 persen berat badan.

Keempat: Tambahkan variasi pada yoghurt kamu, seperti madu untuk memberikan cita rasa tapi tetap rendah kalori. Tambahkan juga buah segar, seperti blueberry atau stroberi untuk nutrisi yang lebih sempurna.

Kelima: Konsumsi makanan yang rendah kalori di malam hari untuk membantu diet kamu. Pilih menu seperti ikan salmon atau ayam dengan sayuran kukus.

Keenam: Ganti cemilan harian kamu dengan buah dan sayuran segar yang bisa dimakan bersama yoghurt.

Ketujuh: Jangan lupa olah raga sekurang-kurangnya setengah jam setiap hari untuk membantu program diet kamu.

Manfaat Yoghurt untuk Rambut Kamu

Ketombe: Yoghurt memiliki zat anti jamur yang membantu mencegah ketombe. Ambil satu cup yoghurt dan aduk rata untuk menghaluskannya. Oleskan merata pada kulit kepala kamu dan biarkan selama sekitar 40 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin maka niscaya rambut kamu akan bebas dari ketombe.

Rambut kering: Pada musim panas masalah rambut kering sangat wajar terjadi. Gunakan yoghurt untuk mendinginkan dan melembutkan rambut yang mengering. Ambil sekitar 3 sendok yoghurt, 2 sendok minyak kelapa dan 4 sendok getah lidah buaya. Campur rata kemudian oleskan pada rambut dan biarkan mengering sekitar 30 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan shampo.

Rambut kusam: Yoghurt cukup efektif untuk membuat rambut kamu yang kusam menjadi berkliau dan cerah lagi. Campur setengah cup yoghurt, 2 sendok makan minyak almond dan 2 butir telur yang sudah dikocok, aduk sampai tercampur rata. Oleskan masker rambut ini pada kulit kepala kamu kemudian tutupi dengan shower cap. Bilas rambut kamu dengan sampo setelah kurang lebih 30 menit.

Manfaat Yoghurt untuk Pencernaan

Sistem pencernaan kamu mengandung bakteri hidup yang penting bagi fungsi metabolisme tubuh. Bakteri-bakteri ini membantu sistem pencernaan dan memproduksi nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Menjaga keseimbangan bakteri ini sangat penting bagi kesehatan kamu.

Yoghurt mengandung probiotik yang membantu sistem pencernaan kamu untuk berfungsi dengan baik. Yoghurt probiotik merupakan hasil fermentasi susu yang mengandung bakteri baik. Karena tidak semua yoghurt adalah probiotik, jangan lupa kamu cek apakah tertulis "live active cultures" pada kemasannya.

Lactobacillus Acidophilus
Yoghurt probiotik bisa mengandung berbagai macam bakteri hidup yang bermanfaat bagi pencernaan. Lactobacillus Acidophilus adalah salah satu bakteri yang membantu pencernaan, khususnya pada bagian usus halus. Lactobacillus Acidophilus juga memproduksi vitamin K, yang mana larut dalam lemak yang membantu pembekuan darah. Selain juga ditemukan membantu proses pencernaan laktosa dan mengurangi gejala intoleransi laktosa.

Bifidobacterium Lactis
Manfaat lain dari bakteri probiotik yang ada dalam yoghurt adalah Bifidobacterium Lactis, yang membantu kenyamanan saluran pencernaan. Menurut studi yang dipimpin oleh D Guyonnet, publikasi tahun 2009 pada edisi “Journal of Digestive Disease", Bifidobacterium Lactis membantu pencernaan kamu. Dan telah terbukti meringankan gejala sindrom iritasi usus besar. Bifidobacterium Lactis juga mencegah sembelit dan buang air besar yang tidak teratur. Menambahkan yoghurt probiiotik yang mengandung bakteri hidup kedalam menu diet kamu dapat membantu menyehatkan pencernaan dan mencegah penyakit usus lainnya.

Streptococcus Thermophilus
Satu lagi bakteri baik yang ada didalam yoghurt, Streptococcus Thermophilus. Bakteri ini melawan bakteri asam laktat yang dapat menghambat pencernaan makanan kamu. Streptococcus Thermophilus menenangkan perut kamu, membantu mengurangi kondisi perut yang kurang bersahabat dan intoleransi laktosa. Manfaat yang bisa diberikan bagi saluran pencernaan termasuk meningkatkan pencernaan laktosa, dan mengurangi sakit perut, diare dan perut kembung.

Lactobacillus acidophilus, bifidobactium lactis and streptococcus thermophilus adalah bakteri hidup yang paling umum ditemukan dalam yoghurt. Sebenarnya masih ada bakteri lain seperti L. Casei dan L. rhamnosus yang juga ditemukan dalam yoghurt probiotik.

Apakah Manfaat Yoghurt untuk Kulit Wajah?

Sejak jaman dahulu kala yoghurt telah digunakan pada kulit untuk perawatan dan kecantikan. Di India menggunakan yoghurt untuk kulit merupakan solusi untuk mengatasi jerawat dan komedo. Bahkan Cleopatra sang Ratu Mesir itu saja terkenal menggunakan susu asam untuk mandi setiap hari, hasilnya kulit yang bercahaya dan awet muda.

Berikut berbagai macam khasiat yoghurt untuk perawatan kulit, kandungan apa saja yang ada didalamnya, dan beberapa tips resep kecantikan yang praktis untuk kamu.

Kandungan Nutrisi Yoghurt
Yoghurt mengandung begitu banyak nutrisi yang menyehatkan, untuk kulit sendiri manfaatnya antara lain meremajakan dan menyehatkan. Berikut kandungan utama dari yoghurt yang bermanfaat bagi kulit:

Zinc
Tiap 100g yoghurt tawar mengandung 1mg zinc, yang mana:

  • Mengandung zat anti-iritasi, yang bisa membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh ruam
  • Merupakan zat astringent lembut, membantu mengencangkan jaringan kulit yang kendur
  • Sangat penting bagi reproduksi sel dan perkembangan jaringan kulit
  • Mengatasi jerawat dan komedo
  • Mengontrol produksi minyak yang bisa mencegah kulit berminyak dan timbulnya jerawat

Asam Laktosa
Asam laktosa adalah salah satu kandungan utama yoghurt dan telah digunakan di berbagai produk perawatan kulit. Manfaatnya bagi kesehatan kulit:

  • Eksfoliates dan melembabkan kulit kering serta menghaluskannya
  • Mencegah kerutan dan mengurangi keriput pada permukaan kulit

Kalsium
Banyak lapisan epidermis dari kulit yang mengandung kalsium. Kalsium sangat krusial bagi kulit karena:

  • Mengandung antioksidan yang membantu mencegah dan menyembuhkan kulit kering
  • Membantu regenerasi kulit


Vitamin B
Yogurt kaya akan vitamin B2(riboflavin), B12, dan B5. Setiap satu gelas yogurt mengandung 20 sampai 30 persen dari kebutuhan minimal harian riboflavin.

  • Riboflavin menjaga kulit tetap cerah dan tidak kering
  • Riboflavin sangat penting untuk perkembangan sel dari kerusakan oksidatif oleh radikal bebas
  • Vitamin B5 bertanggung jawab membantu mengontrol lemak sehat dalam sel

Bagaimana Cara Memilih Yoghurt Tawar untuk Kulit?
Berhati-hatilah waktu membeli yoghurt yang mau dipakai untuk kulit atau maskeran, pastikan yoghurt yang kamu beli itu tanpa pemanis(plain/tawar).Yoghurt yang bagus untuk dibuat menjadi bahan masker adalah yoghurt tawar, karena yoghurt dengan rasa bisa menyebabkan iritasi pada kulit, bahkan memperparah kondisi jerawat atau ruam kamu. Beli yoghurt yang mengandung lemak dan probiotik(organisme hidup) untuk hasil perawatan yang maksimal. Caranya liat label pada kemasan yoghurt, apakah memiliki tanda dengan tulisan "live active cultures". Disampng itu krim yogurt atau greek yogurt punya konsistensi yang lebih kental, cocok buat dijadikan bahan masker.


1. Melembabkan Kulit Wajah
Cerahkan kembali kulit wajah kamu yang kusam hanya dengan memanfaatkan yoghurt yang bisa kamu ambil di kulkas. Masker yoghurt yang sederhana bisa kamu gunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Berfungsi menghaluskan, membuat kulit tetap elastis dan yang paling penting menghemat pengeluaran kosmetik kamu.

Untuk mendapatkan manfaat dari yoghurt, ikuti langkah berikut. Pertama, bersihkan wajah kamu. Kemudian oleskan yoghurt yang masih dingin di wajah dan leher kamu sampai rata. Yoghurt akan meresap dan melembabkan kulit. Biarkan masker yoghurt tersebut selama sekitar 10 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Asam laktosa, adalah asam alfa hidroksida dalam yoghurt yang membantu menghaluskan dan mengelupas lapisan kulit yang sudah mati.

2. Mendinginkan Kulit Yang Terbakar Matahari
Apakah kulit wajah kamu sering terpapar sinar matahari langsung? Kembalikan kesehatan kulit kamu dengan yoghurt. Kandungan zinc dalam yoghurt membantu mendinginkan kulit wajah yang terbakar.

Tambahkan beberapa tetes minyak chamomile kedalam satu cup yoghurt, campur hingga rata. Oleskan krim alami ini pada bagian kulit yang terbakar matahari dan biarkan selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas.

3. Mengatasi Wajah Berjerawat
Yoghurt mengandung anti bakteri dan anti jamur yang bisa menyebabkan jerawat. Untuk membersihkan wajah, oleskan yoghurt secukupnya pada bagian yang berjerawat. Biarkan yoghurt bekerja sebagai pembersih jerawat di wajah anda selama 30 menit, kemudian bersihkan.

Penggunan masker yoghurt secara teratur pada wajah bisa membantu menjaga kulit tetap bersih. Ditambah bisa mengurangi iritasi dan timbulnya jerawat lagi di masa yang akan datang.

4. Mengurangi Bercak Pada Kulit
Saat digunakan secara berkala, yoghurt memiliki fungsi untuk memutihkan wajah yang alami, ini bermanfaat menyelaraskan warna kulit. Mengurangi bercak bekas jerawat, bintik penuaan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Caranya, gosok dengan lembut beberapa sendok yoghurt yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon. Lakukan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. Ulangi setiap 3 kali dalam seminggu.

5. Membuat Wajah Tetap Awet Muda
Menua memang sesuatu yang alami, tapi bukan berarti kamu tidak bisa memperlambatnya. Kerutan dan garis halus pada wajah bisa dikurangi perlahan dengan bantuan masker yoghurt. Asam laktosa dalam yoghurt bisa membantu membersihkan lapisan kulit mati dan mengencangkan pori-pori.

Tambahkan satu sendok makan olive oil(minyak zaitun) kedalam 3 sampai 4 sendok makan yoghurt. Campur sampai rata dan mengental, oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 30 menit. Gunakan masker wajah yoghurt ini setiap 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Penting: Perhatikan apakah kulit kamu cocok atau alergi terhadap yoghurt, gatal dan iritasi bisa menjadi cirinya. Jika kulit kamu menjadi memerah, muncul jerawat, atau gatal-gatal. Hentikan penggunaan masker yoghurt ini. Sebagai alternatif kamu bisa menggunakan buah-buahan sebagai masker wajah.

Apa Saja Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil?

Disamping mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, ternyata yoghurt juga baik dikonsumsi saat mengandung. Berikut manfaat yoghurt bagi ibu hamil:

1. Asupan Probiotik
Tidak jarang ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan seperti sulit buang air besar. Dengan kandungan probiotik dalam yoghurt, sangat membantu membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Selain itu, andungan probiotik alami dalam yoghurt bermaanfaat untuk perkembangan syaraf si kecil.

2. Tinggi Kalsium
Yoghurt merupakan sumber kalsium terbaik yang bisa kamu konsumsi dengan praktis. Di dalam setiap cup yoghurt non-fat terpadat sekitar 256mg kalsium. Bagi ibu hamil, asupan kalsium yang cukup sangat dibutuhkan untuk kesehatan janin. Kurangnya kalsium bisa menggangu perkembangan tulang dan cacat syaraf.

3. Kaya Protein
Ibu yang sedang mengandung sangat membtuhkan protein sebagai sumber tenaga. Bila bumil banyak yang mengeluh lemas dan lesu selama masa mengandung, cobalah untuk konsumsi yoghurt. Asupan protein protein yang berlimpah dalam yoghurt bisa membantu ibu hamil tetap sehat.

4. Menyehatkan Usus
Selama masa kehamilan banyak bumil yang mengeluhkan masalah pencernaan. Masukan yoghurt dalam daftar menu harian kamu untuk meningkatkan kesehatan usus. Dengan jumlah asupan yoghurt yang cukup kamu para bumil akan terhindar dari berbagai masalah seperti gangguan usus dan sembelit. Yoghurt mengandung bakteri baik dan asam yang bisa mencapai usus dalam waktu relatif cepat.

5. Mencegah Cacat Tabung Syaraf
Asupan folat yang kurang bisa menyebabkan cacat tabung syaraf, apalagi pada 3 bulan pertama masa kehamilan yang cukup rawan. Yoghurt bisa memberikan asupan folat yang memadai bagi kebutuhan ibu hamil. Dengan konsumsi yoghurt yang kurang bisa menyebabkan gangguan syaraf dan motorik yang fatal bagi janin lho. Setiap 1 cup yoghurt memiliki kurang lebih 18mcg folat.

6. Asupan Vitamin D
Ibu hamil membutuhkan Vitamin D untuk membantu menyerap kalsium, karena penting bagi pertumbuhan tulang pada bayi. Konsumsi Vitamin D dalam jumlah cukup dibutuhkan untuk mencegah penyakit tulang dan jaringan pada bayi. Setiap 1 cup yoghurt mengandung 4IU Vitamin D.

7. Asupan Omega 3
Yoghurt juga mengandung omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh kamu, terlebih saat mengandung. Tapi tubuh kita tidak dapat memproduksi omega 3 dengan sendiri, untuk itu konsumsi yoghurt bisa menjadi solusinya. Manfaat omega 3 adalah, mendukung pertumbuhan otak, sistem syaraf mata serta melindungi resiko penyakit jantung pada janin.

You Might Also Like

0 comments