Cara Membersihkan Wajah Berminyak

00.52.00

Kulit berminyak pada wajah merupakan masalah bagi banyak orang, terbukti dengan tersedia banyaknya produk yang dijual dipasaran untuk mengatasi masalah ini. Tapi sebagian besar produk tersebut memiliki harga yang tidak terjangkau dan sayangnya lagi tidak selalu memberikan hasil yang memuaskan. Ketimbang mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit, mungkin kamu bisa mempertimbangkan alternatif lain yang lebih alami.

Ada beberapa bahan alami yang terdapat di dapur kamu dan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit berminyak, selain sangat terjangkau hasilnya pun juga cukup efektif. Hal terbaiknya, bahan alami juga bebas dari bahan kimia, pewangi buatan, dan bahan keras lainnya. Cobalah beberapa bahan alami seperti madu yang niscaya dapat bermanfaat untuk mengatasi kulit wajah kamu yang berminyak, dan kesegarannya terjaga sepanjang hari.

Pencegahan Sebelum Perawatan
Sebelumnya, jika kamu memiliki kulit yang cuku sensitif atau rentan terhadap alergi, cobalah lakukan tes kecil sebelum benar-benar mengaplikasikan pada seluruh wajah kamu. Caranya oleskan sedikit bagian dari bahan alami yang akan dipakai pada wajah, bisa berbentuk masker/krim pada bagian tangan kamu, seperti sikut atau lengan, kemudian tutupi dengan plester anti air. Biarkan selama 24 jam, kemudian lepas plester dan periksa apakah terjadi iritasi, perubahan warna seperti kemerahan, perasaan terbakar/panas. Jika tidak ada tanda-tanda tersebut, berarti bahan alami tersebut aman untuk kamu gunakan, jika ada carilah alternatif lain atau konsultasikan hal tersebut dengan profesional, seperti dokter ahli kulit.

Membersihkan Kulit Wajah Berminyak
Sebelum menggunakan masker wajah atau krim yang kamu buat sendiri dengan bahan alami dirumah, sangat dianjurkan untuk membersihkan wajah, tapi jangan sampai menggunakan produk yang tidak sesuai dengan kulit kamu. Pembersih wajah/cleanser yang berbahan dasar minyak tidak cocok untuk kulit berminyak, jadi harus dihindari. Pelembab yang mengandung minyak akan membersihkan kulit wajah, tetapi pada akhirnya akan menyebabkan wajah sudah berminyak menjadi lebih berminyak.

Cobalah menggunakan sabun dengan harga terjangkau dan memang khusus untuk wajah berminyak. Kemudian siapkan baskom berisi air hangat untuk melembabkan kulit wajah kamu. Dengan sabun yang berbusa bersihkan wajah dengan pijatan memutar yang lembut. Bilas busa dengan air hangat yang berbusa, dan lakukan lagi untuk kedua kalinya dengan air hangat bersih. Terakhir, bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan tepukan lembut pada wajah menggunakan handuk kering. Bersihkan wajah kamu dengan metode ini tiap bangun dan sebelum tidur, niscaya kulit kamu yang berminyak dapat lebih terkontrol.

Manfaatkan Gandum dan Madu
Gandum dan madu dapat sangat efektif untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya cukup mudah, gunakan gandum mentah yang dibuat menjadi pasta dicamupur madu plus jus lemon. Oleskan pada wajah, hindari daerah sekitar mata. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, dan bilas dengan air hangat, keringkan dengan handuk.

Bahan gandum dan madu pastinya dapat membuat wajah kamu jadi terasa lebih bersih dan segar. Aplikasikan perawatan wajah alami ini setiap hari atau sesering yang kamu bisa, untuk menjaga kulit wajah kamu tetap lembut, halus, dan bebas dari minyak.

You Might Also Like

0 comments

Statcounter

Support




Health


Top Blogs


W3 Directory - the World Wide Web Directory