Cara Memutihkan Kulit Wajah

01.14.00

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit yang putih, tapi sehat. Bagaimanakah kulit yang putih tapi sehat, pastinya tidak pucat seperti mayat hidup atau kedinginan :). Kulit putih yang sehat akan tampak cerah dan bernuansa merah muda. Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba bagi kamu yang sedang mencari cara untuk memutihkan kulit dengan cara alami.

Penuhi Kebutuhan Vitamin C
Tingkatkan asupan Vitamin C, hal ini mencerahkan warna kulit dan meningkatkan kekenyalannya. Selain itu juga memperkuat jaringan kulit dari fondasinya yaitu, kolagen. Kamu dapat meningkatkan asupan Vitamin C dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung Vitamin C, seperti jeruk, stroberi, paprika manis, tomat, melon dan kacang hijau.

Alternatif lain seperti pil Vitamin C, tapi perlu diperhatikan dosis maksimum 250mg/hari, jangan melampaui jumlah ini.
Vitamin A Juga
Kulit pada dasarnya terdiri dari Retinol, yang mana terdapat dalam vitamin A, bermanfaat menjaga kulit kamu tetap kuat dan sehat. Jika kamu pernah merasa kulit terasa kurang kencang biasanya karena kekurangan Vitamin A.

Sumber makanan yang tinggi Vitamin A yaitu susu rendah lemak, kerang, dan kuning telur. Vitamin A juga terkandung dalam makanan yang tinggi beta karoten, yang membantu meminimalkan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Diantaranya, wortel, semangka, pepaya, tomat, dan buah lain yang berwarna gelap.

Waspada Paparan Sinar Matahari
Kurangi berjemur dibawah sinar matahari dan polusi. Oleskan tabir surya dengan minimal SPF 15 setiap kamu berada diluar ruangan. UVA/UVB berbahaya bagi kulit kamu karena efeknya memperlambat kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan juga peremajaan sel kulit yang sudah mati.

Gunakan produk untuk mencerahkan kulit dengan hati-hati tentunya. Produk pencerah kulit dengan hydroquinone atau kojic acid mengurangi jumlah melalanin kulit saat digunakan. Hal ini bisa efektif tetapi juga memiliki resiko. Produk pemutih kulit biasa dikaitkan dengan merkuri yang berbahaya. Sedangkan FDA telah diatur penggunaanya di Amerika sehingga relatif aman. 1 dari tiap 4 produk pemutih kulit yang berasal dari Cina mengandung merkuri, sehingga harus digunakan dengan hati-hati. Produk bleaching dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi pada beberapa orang. Bleaching dengan steroid, seperti kojic acid dapat beresiko pada masalah kesehatan yang terkait dengan penggunaan steroid.

Jangan biarkan kulit kamu terpapar sinar matahari saat menggunakan produk pemutih kulit, karena bila terjadi terus-menerus dapat menyebabkan kanker kulit. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya yang tepat atau produk perlindungan dari sinar matahari lainnya.

Air Mineral dan Olahraga Cukup
Konsumsi air mineral 8 s/d 10 gelas per hari, ini akan membantu menjaga kulit dan tubuh dari kekurangan cairan/dehidrasi.

Olahraga setiap hari sekitar 30 s/d 60 menit, sudah cukup untuk menyegarkan tubuh dan mengeluarkan racun melalui keringat.

Gula Pasir & Minyak Kelapa
Menggunakan gula pasir dan minyak dipercaya dapat memutihkan kulit kamu. Campur gula pasir dengan minyak, oleskan dan pijat halus pada wajah.

Manfaatkan Jeruk Lemon
Gunakan lemon untuk mencerahkan warna kulit kamu, asam sitrat dalam lemon perlahan bekerja dalam pigmen kulit, tetapi memang akan butuh waktu yang cukup lama. Caranya dengan membuat jus lemon yang dicampur dengan air, masukkan kedalam botol semprot, dan semprotkan pada bagian yang diinginkan.

Hindari paparan sinar matahari, bila menggunakan lemon dan produk pemutih kulit, selalu gunakan tabir surya dan kurangi waktu dibawah sinar matahari bila memungkinkan. Karena lemon dapat mengeringkan kulit, sehingga rentan terhadap sinar matahari.

Coba gunakan lemon setiap hari, mencerahkan kulit dengan lemon membutuhkan waktu yang lama, jadi sebaiknya gunakan setiap hari. Cobalah untuk mengaplikasikannya 3 s/d 4 kali seminggu, sudah cukup, karena bila berlebihan dapat membuat kulit kering.

Perhatikan produk yang kamu pakai, karena bila digunakan pada kulit akan menyerap kedalam aliran darah dibawah permukaan kulit. Jika kamu menggunakan bahan selain lemon sebagai lotion, masker, pembersih cobalah dipertimbangkan efeknya pada aliran darah kamu.

Maskeran Wajah di Rumah
Buatlah masker wajah dari bahan alami yang bisa kamu temukan di lemari es, ini bisa jadi rutinitas perawatan wajah akhir pekan loh. Ada beberapa buah yang bisa dijadikan masker untuk memutihkan kulit seperti masker jeruk dan masker stroberi. Keduanya merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, jadi sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajahmu.

Nah, kesimpulannya jaga kulit kamu dari sinar matahari dan lindungi dengan tabir surya(selalu), hindari pemakaian kosmetik berlebih, dan manfaatkan buah lemon untu mencerahkan kulitmu. Dengan perawatan rutin hasilnya perlahan pasti terlihat, tetap cantik dan sehat ya sist, tq (:

You Might Also Like

0 comments