Masker Coklat dan Kopi untuk Wajah

17.30.00

Masker coklat dan kopi telah sejak lama menjadi bahan favorit untuk perawatan kecantikan alami. Kombinasi keduanya berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan di area wajah dan sekitar mata, mencerahkan kulit dan mengatasi kekusaman pada wajah. Ditambah lagi bubuk kopi dapat menjadi exfoliant yang sangat efektif untuk meregenerasi sel kulit mati, membuat wajah jadi lebih fresh dan juga mengencangkan pori-pori serta mengurangi minyak berlebih. Bagian terbaik yang kamu pasti sudah tahu dari coklat dan kopi adalah mereka bisa dengan mudah kamu temukan di dapur, beserta bahan tambahan lainnya seperti madu.


Coklat sudah sejak ribuan tahun lamanya digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Biji coklat yang segar sangat kaya akan antioksidan, melindungi kulit dari polusi yang dihasilkan lingkungan. Dibandingkan bahan makanan lain, coklat adalah sumber antioksidan yang terbaik. Coklat yang akan kita pakai sebagai bahan masker adalah adalah coklat murni yang pahit, tanpa bahan pemanis tambahan.

Baca juga : Cara Membuat Masker dari Ampas Kopi

Kafein dalam kopi dipercaya dapat membantu mengurangi pembengkakan di wajah, melancarkan sirkulasi darah dan mengatasi lingkaran hitam di bawah mata. Beberapa tahun belakangan ini perusahan kosmetik mulai menggunakan kafein dalam produk mereka, karena manfaatnya yang bisa mengencangkan kulit. Jadi, selain mencerahkan masker coklat dan kopi juga bisa mengencangkan dan meremajakan penampilan kamu.

Yang dibutuhkan :

  • 1/2 cangkir bubuk kopi murni/pahit(tanpa bahan tambahan)
  • 1/2 cangkir bubuk coklat murni(tanpa pemanis)
  • 1 cangkir susu cair murni tanpa rasa
  • 1 sendok makan air jeruk lemon
  • 1 sendok makan madu
  • 1 mangkuk
Manfaat tiap bahan...
  • Biji kopi, mengurangi iritasi dan kemerahan, dan juga munculnya lingkaran hitam di kantong mata, menyingkirkan kulit mati dan menyegarkan penampilan wajah
  • Bubuk coklat, sumber yang baik sebagai antioksidan; memperbaiki kerusakan karena polusi lingkungan dan radikal bebas. Mengandung sulfur dalam jumlah banyak, baik untuk yang jerawatan
  • Susu, Cleopatra mandi dengan susu supaya kulitnya sehat dan bercahaya Asam laktosa meregenerasi sementara enzim alami menghaluskan kulit, sedangkan asam amino menjaga kulit agar tidak kekurangan cairan(terhidrasi)
  • Jeruk lemon, berperan sebagai exfoliant/menyingkirkan sel kulit mati. Mengandung vitamin C alami yang mencerahkan dan mengencangkan. Bagus untuk memproduksi minyak yang menjaga kelenturan kulit.
  • Madu, pelembab alami yang menjaga kulit agar tidak kering.

Persiapan :

1. Campur bahan yang kering terlebih dulu, bubuk coklat dan bubuk kopi, aduk sampai rata
2. Tambahkan susu, aduk sampai mengental, jika menginginkan masker yang lebih kental kurangi susu yang dipakai
3. Masukan air jeruk lemon dan madu
4. Aduk lagi sampai tercampur dan mengental

Pemakaian :

1. Oleskan merata di wajah, hindari daerah mata dan bibir
2. Biarkan sampai mengering, kira-kira 20 menit
3. Untuk peremajaan kulit wajah, lakukan gerakan memutar yang lembut untuk menggosok kulit sekitar 1-2 menit, kemudian biarkan mengering
4. Bilas dengan air sampai bersih dan keringkan
5. Bila ada sisa, bisa disimpan di kulkas sampai 3 hari

Manfaat masker kopi dan coklat

Kombinasi kedua bahan ini sangat baik untuk kulit, terutama melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kesehatan kulit, sama-sama dimiliki oleh keduanya.

Kaya akan antioksidan : Lingkungan hidup kita saat ini sudah sangat terpolusi oleh radikal bebas yang berakibat buruk bagi kesehatan kulit juga. Dengan antioksidan dalam kopi kamu bisa melindungi kulit secara alami. Faktanya memang menunjukkan bahwa ekstrak biji kopi bisa menjaga kekuatan sel kulit dari pengaruh radikal bebas.

Melindungi dari sinar matahari : UVB sangat berbahaya bagi kulit dan berisiko menyebabkan gangguan penyakit kulit lainnya. Melindungi kulit dengan kafein bisa menjaga kulit dari karsinogen ultraviolet. Menurut penelitian kafein terbukti bisa menghambat kerusakan DNA, sehingga melindungi kulit dari efek buruk UVB.

Menghaluskan dan mencerahkan kulit : Dengan khasiatnya yang bisa memperbaiki lapisan jaringan syaraf, kopi memiliki peran penting dalam hal regenerasi sel baru, meningkatkan jumlah kolagen yang membuat kulit jadi lebih elastis.

Meningkatkan sirkulasi darah : Saat kopi melancarkan peredaran darah akan memberikan kulit yang lebih sehat dan megurangi pembengkakan.

Sama halnya dengan kopi coklat juga berkhasiat melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari, yang bisa menyebabkan penuaan dini. Hasil penelitian mendukung bahwa coklat yang kaya akan kandungan flavonoids, zat antioksidan yang ditemukan dalam coklat, bisa melindungi kulit dari panasnya sinar matahari.

Sebuah studi juga menunjukan setelah 3 bulan konsumsi coklat yang tinggi akan flavonol dapat meningkatkan ketebalan, hidrasi dan sirkulasi yang membuat penampilan kulit jadi lebih baik. Gunakan dan pilih coklat murni batangan atau coklat bubuk, karena kadar antioksidan yang terdapat didalamnya sangat tinggi.

Selamat mencoba :)

You Might Also Like

0 comments