Cara Membuat Masker Coklat untuk Wajah

17.05.00

Banyak orang yang menghindari coklat karena takut gemuk, padahal tambahan gula dalam coklat itulah yang membuatnya tidak baik untuk kesehatan. Coklat yang murni dengan rasa aslinya yang pahit tentu saja memiliki beragam manfaat untuk tubuh, tidak ketinggalan sebagai perawatan kecantikan juga. Coklat kaya akan bahan yang berkhasiat untuk mengatasi penuaan pada kulit, mengatasi radikal bebas dengan kandungan antioksidan-nya, tapi khususnya coklat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Biji kakao dapat menjaga kulit agar tetap halus, lembab, elastis, cerah dan awet muda sepanjang waktu.

Cara Membuat Masker Coklat

Masker coklat ini bermanfaat untuk membuat kulit jadi lebih segar, cerah dan lembab. Gunakan coklat bubuk yang murni(pahit) tanpa bahan pemanis tambahan. Berikut resep masker wajah alami buatan sendiri dari coklat yang bisa kamu langsung praktekan di dapur.

Yang dibutuhkan :
1 sendok makan coklat bubuk murni(tanpa pemanis)
1 sendok makan yogurt tawar(tanpa rasa)
1/2 sendok teh madu

Baca Juga: Tempat Beli Madu untuk Wajah

Persiapan :
1. Campur semua bahan dalam mangkuk sampai rata dan mengental
2. Bersihkan wajah dengan air dan keringkan

Pemakaian :
1. Oleskan pada wajah dengan ujung jari
2. Hati-hatilah saat mengoles sekitar mata
3. Oles sembari dipijat memutar
4. Biarkan sampai kering
5. Bilas dengan air sampai bersih

Dengan bahan sederhana yang bisa didapat dari kulkas seperti ini, kamu bisa melakukan perawatan kecantikan di rumah yang sehat dan membuat kulit lebih segar dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga : Ternyata konsumsi sebatang coklat memiliki efek yang sama dengan berciuman!

Cara memilih coklat murni untuk perawatan kulit

Nah sekarang pertanyaanya, bisa gak semua jenis coklat dipakai buat kecantikan atau perawatan wajah? Coklat seperti apa saja yang bisa digunakan?

Meskipun telah disebutkan bahwa coklat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, tidak semua coklat yang dijual masuk dalam kriteria ini. Coklat yang berkhasiat bagi perawatan kecantikan kulit kamu setidaknya harus mengandung 70% kakao, kurang dari itu tidak akan cukup. Saat beli coklat di supermarket coba perhatikan keterangan pada labelnya, coklat murni(dark chocolate) mengandung 70% atau lebih kakao. Jika pada baris pertama komposisi tertulis susu atau gula, maka kemungkinan besar coklat tersebut mengandung kurang dari 70% kakao murni.


Coklat murni(dark chocolate); yang rendah gula dan tinggi kandungan kakao; kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang berfungsi memelihara kesehatan kulit. Dan aromanya yang menggugah dan juga fungsi sebagai kondisioner membuatnya sempurna untuk perawatan rambut.

Coklat membantu mengurangi hormon penyebab stres, yang berarti lebih sedikit berkurangnya jumlah kolagen, dan lebih sedikit kerutan. Falavonols yang terkandung dalam coklat merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari sinar UV yang bisa menyebabkan kerusakan, mengatasi radikal bebas dan meningkatkan peredaran darah. Dalam suatu penelitian, coklat murni(dark chocolate) bahkan meningkatkan hidrasi/jumlah cairan dalam kulit dan menebalkannya, membuatnya jadi tetap terlihat awet muda. Ini juga disebabkan oleh kandungan antioksidan coklat yang menyehatkan jantung, peredaran darah, otak dan sistem syaraf bahkan bisa memperlambat penuaan.

Baca juga : Resep Masker Coklat dan Oatmeal

Manfaat Coklat Untuk Wajah

Berikut ini beberapa manfaat dari masker coklat bagi wajah :
  • Dengan level antioksidan yang tinggi sangat baik untuk kulit
  • Memiliki manfaat anti aging
  • Memberikan kesan wajah yang sehat dan bercahaya
  • Mengatasi noda/bercak dan meningkatkan produksi kolagen
  • Menghaluskan dan menghidrasi kulit, sehingga menjauhkannya dari kerutan
  • Cocok untuk semua jenis kulit, jadi apapun jenis kulit kamu, tetap bisa mendapatkan manfaat kecantikan dari coklat

Mitos tentang coklat yang umum di masyarakat :
  • Coklat tidak menyebabkan jerawat atau bahkan membuatnya lebih parah
  • Coklat tidak menyebabkan kerusakan gigi, justru malah sebaliknya dapat melindungi gigi
  • Coklat tidak mengandung banyak kafein
  • Coklat tidak menyebabkan ketagihan
Baca juga : Masker Coklat dan Kopi Bubuk

Memperbaiki kulit rusak
Besi, kalsium dan vitamin A, B1, C, D dan E ada diantara berbagai nutrisi yang bisa didapatkan dari coklat murni. Mulai sekarang coba ganti minuman kamu dari beberapa cangkir kopi atau teh hijau dengan minuman yang mengandung coklat, bermanfaat melembabkan kulit dan menjadikannya cerah berseri. Atau kamu bisa membersihkan sel kulit mati dengan membuat lulur dari coklat di rumah.

Melindungi dari sinar UV
Flavonol yang ditemukan di dalam coklat murni secara klinis telah terbukti dapat membantu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, kemerahan dan iritasi lain yang disebabkan oleh sinar UV. Saat dioleskan ke kulit secara langsung, coklat juga mampu menghidrasi bagian tubuh yang sudah terlalu lama terekspose oleh sinar matahari.

Menghapus keriput dan garis samar
Perasaan kamu akan menjadi lebih tenang dan rileks setelah makan coklat, dan seperti yang kita semua tahu bahwa stres mempengaruhi penampilan kulit. Kakao membantu mengurangi hormon stres yang artinya mengurangi jumlah kolagen yang rusak dan lebih sedikit kerutan.

Selamat mencoba :)

You Might Also Like

6 comments

Statcounter

Support




Health


Top Blogs


W3 Directory - the World Wide Web Directory