8 Manfaat Rahasia Coklat yang Berlawanan dengan Mitos

20.14.00

Beberapa hari belakangan ini aku tiba-tiba jadi suka banget ngemut coklat, ga tau kenapa, mungkin karena lagi agak stres yah. Apa ga takut gemuk ya? Banyak kan yang punya pertanyaan seperti itu, kalau udah ngomongin salah satu cemilan paling enak dan ga tertahankan ini.

Coklat memang sudah sering dianggap bisa meningkatkan berat badan, makanya banyak dijauhi, terutama sama kaum cewe nih. Tapi justru penilitian menunjukan yang sebaliknya, coklat murni ternyata memiliki banyak manfaat bagi metabolisme tubuh, psikologis, kecantikan kulit dan lainnya. FYI yang dimaksud disini itu coklat murni/dark chocolate ya say.

Mencegah kerusakan gigi

Sebuah penelitian menunjukan bahwa ekstrak biji coklat bisa lebih efektif dibanding fluoride untuk urusan menjaga kesehatan gigi. Ilmuwan menemukan bahwa biji coklat sebenarnya mencegah kerusakan mulut dan gigi, dan coklat memiliki efek antibakteri. Ingat biji coklat murni ya, bukan permen coklat yang mengandung banyak gula.

Menjaga jantung tetap sehat

Pilih coklat murni dan kamu akan mendapatkan manfaat suplemen diet yang akan meningkatkan sirkulasi aliran darah di jantung. Karena di dalam coklat murni terkandung lemak tak jenuh yang sama seperti yang ditemukan dalam olive oil, lemak tak jenuh ini tidak meningkatkan kolesterol dan resiko penyakit jantung.

Menjaga kulit tetap cantik

Cocoa butter terutama, sangat lembut dan memiliki aroma yang membuat kulit jadi harum. Sangat efektif untuk melembabkan kulit merupakan salah satu dari manfaat asam lemak yang terdapat di dalamnya. Selain itu juga mampu mengatasi masalah gangguan kulit seperti psoriasis dan eczema. Itulah sebabnya banyak dipakai di berbagai macam produk kecantikan.

Perawatan Spa

Coklat kaya akan antioksidan, menjadikannya pilihan yang tepat dan efeknya sangat baik untuk kesehatan kulit. Produsen coklat Hershey yang saat itu merupakan pendatang baru di pasaran, memiliki hotel dimana pengunjung bisa memanjakan diri mereka dengan berbagai macam perawatan coklat. Mulai dari mandi susu coklat dan perawatan kuku coklat hingga baluran coklat disekujur tubuh selama sejam penuh.

Sebagai parfum

Sudah jelas sekali bahwa coklat memiliki aroma seperti seperti campuran kopi dan roti yang baru di keluar dari oven, sepertinya akan sangat tidak tertahankan bila tercium, sekalipun oleh orang yang tidak menyukainya.

Mood booster

Cobain deh makan coklat pas lagi stres atau ngerasa bete dan sedih, ini udah jadi rahasia umum. Karena makan sebatang coklat juga memiliki efek psikologis yang sama seperti berciuman, tidak sulit untuk mencari alasan kenapa disebut begitu. Selain meningkatkan sirkulasi, stimulan lembutnya membuat kamu merasakan euforia/bahagia, coklat sepertinya sangat sempurna dan cocok untuk mengeluarkan kamu dari kondisi yang galau.

Redakan emosi saat PMS dengan coklat

Jadi gini, tubuh kamu tidak merasa membutuhkan coklat saat PMS. Tapi tubuh kamu membutuhkan rasa nyaman, yang mana ada di dalam coklat. Coklat mengandung magnesium dan kalsium, yang mana diketahui dapat meringankan gejala-gejala atau keluhan saat PMS. Karena aroma coklat dapat meningkatkan gelombang di dalam otak, yang ternyata memicu perasaan nyaman atau rileks.

Coklat membuat happy

Coklat mengandung unsur kimiawi yang disebut serotonin, yang mana merupakan hormon untuk memberikan rasa nyaman. Serotonin juga mengatasi perasaan depresi. Makan coklat benar-benar bisa membuat bahagia karena kamu mengkonsumsi perasaan bahagia. Jadi, kalau kamu ingin menjaga kestabilan mood supaya tetap santai dan ceria, bisa dicoba buat ngemil coklat, tapi jangan berlebihan yah.

You Might Also Like

0 comments