10 Kegunaan Minyak Kelapa untuk Perawatan Kulit dan Tubuh

22.37.00

Selain untuk menumis dan memasak, kegunaan minyak kelapa yang lainnya sebenarnya cukup banyak. Banyak produk kosmetik yang menggunakan minyak kelapa di dalam komposisi mereka. Bukan tanpa alasan, itu karena minyak kelapa merupakan anti bakteri alami dan anti jamur, selain itu juga pelembab kulit yang bagus, dapat menyerap kedalam rambut lebih baik dari minyak lainnya, disamping itu aromanya juga enak.

Tidak ada minyak lain yang memiliki khasiat sebanyak minyak kelapa. Ada banyak kegunaan yang bisa kamu coba dari minyak kelapa. Gunakan virgin coconut oil karena memiliki perbedaan dengan minyak kelapa atau coconut oil biasa.

1. Melembabkan Kulit yang Kering

Setelah berlama-lama berendam di air detergen atau mencuci membuat kulit kamu jadi kering? Oleskan secukupnya di telapak tangan setelah mencucinya, untuk menjaga kulit kamu tetap lembab dan lembut. Kamu juga bisa mengganti minyak kelapa dengan butter atau mentega yang biasa digunakan untuk membuat kue, mereka lebih bertahan dalam suhu ruangan. Colek sedikit dan usapkan di tangan sampai merata.

2. Mencerahkan Penampilan Wajah

Bila wajah kamu terlihat kuyu dan lelah, kamu tidak memerlukan produk kosmetik untuk masalah yang satu ini. Caranya cukup simple, oleskan sedikit saja minyak kelapa pada lapisan atas makeup kamu kemudian biarkan seperti itu. Kulit wajah kamu akan terlihat lebih mengkilat, itu alasannya banyak produk kosmetik alami yang menggunakannya sebagai bahan dasar.

3. Untuk Mencukur Bulu Kaki

Krim pencukur yang dijual komersil merupakan campuran bahan kimia yang seharusnya dihindari untuk digunakan pada kaki atau ketiak kamu. Minyak kelapa dengan biaya yang lebih terjangkau, mengandung antibakteri alami dan aroma yang enak bisa jadi solusi alternatif. Ditambah lagi, khasiatnya yang bisa menyejukkan kulit bisa membuat kaki kamu terlihat tidak kering tapi juga tidak berminyak.

4. Sebagai Kondisioner Rambut Alami

Banyak produk kondisioner yang ternyata menggunakan minyak kelapa dalam komposisinya. Bukan tanpa alasan melainkan karena minyak kelapa mudah menyerap ke dalam rambut dan mencegah kehilangan protein. Menurut penelitian bahkan memiliki manfaat yang lebih baik dibanding minyak mineral atau bunga matahari. Caranya, pada malam hari sebelum tidur ambil minyak kelapa setangkup tangan kemudian oleskan pada rambut dan sisir merata dan ikat dan gulung. Letakkan handuk diatas bantal saat kamu tidur atau gunakan shower cap. Pada pagi hari, bilas dengan sampo seperti biasa sampai bersih.

5. Membersihkan Makeup di Mata

Bahkan untuk maskara anti air sekalipun bisa lho. Ambil sedikit dengan bola kapas dan gosok lembut di mata, perhatikan bagian bawah mata. Minyak kelapa bekerja dengan baik dalam melunturkan makeup yang lengket dan meninggalkan kulit yang tetap lembab. Setelah selesai jangan lupa bersihkan lagi dengan air.

6. Melembabkan Kulit Tubuh

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa saat digunakan secara topikal(dioleskan), minyak kelapa(virgin coconut oil) dapat mempercepat penyembuhan luka. Setelah diuji pada manusia ternyata sangat efektif untuk meningkatkan kelembaban dan mengurangi kehilangan cairan dalam jumlah banyak pada kulit berjenis kering. Artinya minyak kelapa bisa kamu jadikan sebagai lotion alami yang murah, dan membuat kulit jadi halus terawat.

7. Untuk Membersihkan Wajah

Dengan fungsi anti bakteri, anti jamur, pelembab dan menurut penelitian juga berkhasiat mengatasi dermatitis, banyak wanita yang menggunakannya sebagai pelembab di malam hari, bahkan untuk wajah. Coba tips membersihkan ganda berikut ini: Oleskan minyak kelapa dengan gerakan memutar ke seluruh permukaan wajah sampai leher, sembari kamu berikan pijatan lembut. Setelah selesai, bersihkan dengan pembersih wajah kamu. Jika wajah kamu rawan jerawat, hindari teknik ini kecuali kulit kamu tahan terhadap minyak kelapa.

8. Mengkilaukan Rambut

Ambil sedikit saja minyak kelapa dan oleskan merata pada ujung rambut atau pada belahan bagi kamu yang berambut gelap. Ingat jangan lebih dari sejumput, karena akan membuat rambut malah terlihat berminyak.

10. Manfaatkan untuk Luluran

Lulur yang bisa kamu dapat dibagian produk kecantikan dengan harga yang mahal bisa kamu ganti dengan minyak kelapa. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan tambahan bahan lain yang bisa dengan mudah ditemukan di dapur. Caranya, encerkan 1/2 cangkir minyak kelapa padat dengan api kecil. Tuangkan ke dalam mangkuk berisi 1 cangkir gula pasir atau garam dan aduk rata. Jika kamu memiliki persedian minyak esens, tambahkan sekitar 5 tetes atau ekstrak vanila untuk memberikan aroma rileksasi pada lulur buatanmu.

You Might Also Like

0 comments

Statcounter

Support




Health


Top Blogs


W3 Directory - the World Wide Web Directory