Masker Madu untuk Wajah Berjerawat

17.38.00

Buat kamu yang ngerasa ga pede karena mukanya jerawatan mungkin bisa nyobain pakai madu. Karena madu adalah antiseptik alami yang mencegah timbulnya gangguan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri di dalam pori-pori. Madu melepaskan hidrogen peroksida dengan kadar rendah untuk membasmi kuman yang ada di kulit. Dan juga mengandung gula dengan konsentrasi tingkat tinggi serta asam yang mencegah bakteri berkembang biak.

Madu juga berfungsi mencegah peradangan supaya kulit kamu ngga bengkak atau merah-merah karena jerawatan. Untuk kamu yang punya kulit berjenis kering, madu bisa jadi solusi pelembab alami, yang menjaga kelembaban kulit wajah dan mencegah pengelupasan(bibir) dan kekeringan yang kadang bisa disebabkan oleh pengobatan terhadap jerawat itu sendiri, pemakaian krim misalnya.

Ternyata bakteri itu cuma sebagian dari penyebab timbulnya jerawat di wajah, penyebab lain karena pori-pori yang tersumbat. Sering kali bakteri yang menumpuk karena pori-pori tidak mampu membersihkan minyak yang diproduksi oleh kelenjar dibawah lapisan kulit. Minyak yang mengendap di pori-pori membuat bakteri jadi berkembang biak. Sementara madu mungkin efektif untuk mengatasi bakteri yang ada, tapi jika pori-pori masih tersumbat, madu akan kesulitan untuk menembus masuk dan melakukan tugasnya. Itu bisa dibilang salah satu kemungkinan buruknya, tapi kalau kamu mau coba tidak ada salahnya untuk mengobati jerawat dengan madu.

Untuk memastikan apakah kulit wajah kamu alergi atau ngga, cobain setetes aja di rahang, kalau merah atau gatal atau ada efek lain yang ga beres berarti kamu alergi dan jangan diterusin.

Yang dibutuhkan :
Madu murni secukupnya

Persiapan :
Jangan pakai madu yang ada campurannya yah, nanti bisa iritasi kulitnya, jadi sangat dianjurkan pakai madu yang murni tanpa bahan tambahan apapun, memang harganya lebih mahal tapi daripada muka kenapa-kenapa, pemanis tambahan bisa membuat iritasi di kulit wajah.

Pemakaian :
Cuci muka pake sabun yang ga terlalu keras dan air hangat. Pake ujung jari untuk memijat busa sabun di kulit dengan lembut, jangan pakai bantuan handuk atau scrub, karena terlalu kasar kasian kulitnya bisa luka
Olesin madu ke muka sewaktu masih agak basah dan belum kering banget
Pijat pelan-pelan madu di wajah terus dibiarin selama beberapa menit, 10 sampai 15 menit cukup
Kalau udah bisa dibilas pake air dingin sampe bersih

Buat kamu yang jerawatan cukup parah, maskeran madunya bisa dipake tiap hari supaya hasilnya lebih maksimal yah. Tapi buat yang ga begitu bermasalah tapi pengen dipake tiap hari juga ngga masalah karena masker madu ini aman, malah bisa jadi cleanser alami.

Penggunaan bahan alami memang aman tapi butuh kesabaran buat dapet hasilnya, kalau rutin pasti ada hasilnya. Madu bukan satu-satunya perawatan buat jerawat, masih ada banyak alternatif bahan alami lain yang bisa dicoba next time aku update lagi cara yang lain.

Good luck ;)

You Might Also Like

0 comments