Masker Madu untuk Wajah, Pilih Sesuai Jenis Kulitmu

15.31.00

Aku sering bermasalah sama panas dalam dan sariawan tapi semua itu obatnya cuma madu. Memang sembuhnya lebih lama dibanding minum obat panas dalam tapi karena alami aku lebih pilih madu. Selain itu madu juga bisa dipakai untuk perawatan wajah, karena banyak manfaatnya, bahkan punya fungsi untuk tiap jenis kulit. Apapun itu, mau kulit berminyak, kulit kering ataupun berjerawat.

Madu mengandung antioksidan alami yang dapat membersihkan bahan kimia yang mengendap dalam tubuh, yang merupakan penyebab penyakit seperti kanker. Selain sebagai antioksidan yang dapat mengatasi efek buruk dari radikal bebas, madu juga memiliki kemampuan untuk menutrisi lapisan kulit yang baru. Semua manfaat alami dari madu tersebut juga dapat menjaga kulit dari paparan sinar matahari dan membuatnya tetap awet muda.

Resep masker madu praktis dan mudah

Masker madu adalah salah satu yang paling simple untuk digunakan, dibawah ini cara membuat masker madu tanpa bahan tambahan apapun.

Bahan :

  • Madu murni tanpa campuran apapun


Caranya :

  1. Pertama siapkan diri kamu terlebih dahulu, ikat rambut kebelakang dan bersihkan wajah dari segala jenis makeup.
  2. Ambil sekitar satu sendok teh madu dengan sendok atau ujung jari juga bisa.
  3. Gosok madu ke seluruh bagian jari-jari kamu, lalu oleskan dan ratakan madu ke wajah. Tutulkan sedikit demi sedikit baru kemudian di usap merata.
  4. Biarkan sejenak di wajah kamu sekitar 10 menit sampai 1 jam. Madu cukup lengket dan tidak akan menetes, jadi kamu bisa melakukan aktivitas lain selama menunggu. Atau lakukan hal ini saat maskeran.
  5. Bilas dengan air hangat, pakai handuk dan tepuk wajah hingga kering.


Catatan...
1. Kamu bisa melembabkan wajah sebelumnya dengan cuci muka sebelum maskeran pakai madu. Ini akan membuatnya lebih mudah menyerap, tapi jangan terlalu basah juga wajahnya. Basuh dengan sedikit air kemudian usap dengan handuk sampai lumayan mengering tapi tidak terlalu kering.

2. Masker madu setiap hari tidak akan memberikan efek samping apapun, pada 2 minggu pertama. Kemudian perlahan dikurangi menjadi 2 hari sekali, dan jika dirasa sudah cukup kamu bisa mengurangi penggunaan madu dan diganti dengan minyak zaitun.

3. Gunakan madu yang murni dan tanpa tambahan bahan apapun, untuk memastikan semua enzim dan nutrisi dalam keadaan yang terbaik.

Pilih masker madu sesuai jenis kulit kamu

Nah di bawah ini resep masker wajah alami yang terbuat dari madu untuk masing-masing jenis kulit, jenis kulit kamu yang mana?

Masker Madu untuk Kulit Berminyak
Wajah berminyak sangat berisiko untuk terkena berbagai macam masalah kulit, biasanya jerawat. Ketika digunakan pada kulit berminyak, madu menyerap kadar air berlebih dan mencegah bakteri/kuman untuk berkembang yang dapat menyebabkan infeksi.

Masker Madu untuk Kulit Kering
Madu adalah humektan(pelembab) alami yang membuatnya mampu membuat kulit menjadi lembab dan tetap menjaganya dalam kondisi tersebut. Hal itu dilakukan madu bahkan lebih baik dari produk kosmetik yang mengandung bahan kimia buatan.

Masker Madu untuk Kulit Berjerawat
Jerawat bisa timbul karena bakteri yang menumpuk di pori2, untuk mengatasinya diperlukan bahan alami yang bisa membersihkannya. Madu mengandung enzim antibakteri yang mencegah perkembangan kuman di permukaan atau di pori2 yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

You Might Also Like

0 comments