Cara Luluran di Rumah Sendiri dengan Bahan Alami

10.45.00

Luluran akan membantu membersihkan lapisan kulit yang masih menumpuk dan menghasilkan kulit yang lebih halus dan berseri-seri.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, meskipun setelah menggunakan pelembab kulit masih terasa kering. Atau setelah menggunakan sabun yang cukup keras kulit masih terasa kotor.

Hal-hal tersebut bisa terjadi karena lapisan kulit yang masih tertinggal di tubuh. Walaupun tergantikan satu lapis tiap harinya, tapi tidak semua lapisan kulit tersebut terkelupas. Sebagian besar masih tertinggal di permukaan kulit yang baru dan tetap tertahan disana, membuatnya terlihat kusam.

Jika dibiarkan terus menerus maka hari demi hari lapisan kulit yang mati tersebut akan tetap menumpuk. Semakin lama lapisan tersebut akan menutup permukaan dan menyumbat pori-pori, menahan minyak yang diproduksi secara alami harusnya muncul ke permukaan kulit.

Dengan luluran maka kamu akan mengurangi lapisan kulit yang tidak berguna tersebut perlahan dan lembut, hasilnya akan mengurangi garis dan kerutan. Perlu diperhatikan bahwa membersihkan kulit tidak menghapus lapisan yang sudah mati, begitu juga sebaliknya melakukan tindakan pengelupasan seperti luluran tidak membersihkan kulit. Jadi untuk hasil kulit yang terawat maksimal lakukan dua proses tersebut secara terpisah.

Luluran/exfoliating tidak hanya berlaku bagi kulit tubuh saja, wajah kamu juga bisa dan memang sebenarnya perlu dirawat dengan cara seperti ini supaya terlihat lebih segar.

Untuk wajah: Sebelum mencoba semua langkah dibawah bersihkan wajah dahulu dengan air hangat. Siapkan pelembab yang biasa kamu gunakan untuk dipakai segera setelah proses ini selesai dilakukan.

  1. Keringkan kulit - Gunakan handuk kering dan tepuk-tepuk wajah perlahan sampai kering dan bersih.
  2. Pakai baking soda - Gunakan 1/2 sendok makan baking soda dicampur dengan 1/2 sendok makan pembersih wajah, oleskan dengan pijatan pelan sampai sedang, dengan gerakan memutar selama 1-2 menit.

Untuk kulit yang berjenis lebih kering bisa mencampurkan 1/2 bagian minyak kelapa dengan 1/2 bagian baking soda dan gunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Kulit yang lebih berminyak bisa menggunakan baking soda dan biarkan selama 10-15 menit untuk penyerapan minyak.

Untuk tubuh: Hindari daerah leher dan dada.
  1. Manfaatkan gula pasir. Bilas dan bersihkan wajah dari kotoran dan minyak sebelumnya. Campur 1/2 bagian gula pasir dengan 1/2 bagian minyak kelapa(bisa diganti dengan minyak zaitun atau jojoba). Oleskan dengan bantuan kain yang bersih daripada langsung menggunakan tangan yang bisa menyebabkan iritasi. Dengan tekanan yang lembut  dan gerakan memutar pijit perlahan, lakukan tidak lebih dari 1 menit untuk tiap bagian kulit.
  2. Loofah/washlap dengan garam dan minyak. Untuk bagian yang lebih sulit seperti lutut dan siku, lakukan langkah yang sama seperti langkah nomor 3, hanya saja ganti kain dengan loofah dan gulanya diganti dengan garam.
  3. Gunakan sikat kering. Kamu bisa gunakan sikat untuk kulit yang berbulu halus, dimulai dari kaki dan mulailah gosok perlahan dari bawah keatas. Lakukan hal ini kurang lebih 3-4 menit untuk seluruh tubuh. Jangan lupa untuk dibersihkan dan segera gunakan pelembab pada kulit setelah selesai.
Selalu hindari luluran pada bagian kulit dengan luka terbuka atau terdapa iritasi. Selamat mencoba :)

You Might Also Like

0 comments