Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan Kulit

15.31.00

Minyak kelapa sebelumnya sudah cukup lama dihindari karena dianggap mengandung lemak jenuh yang tidak sehat, disamakan seperti mentega atau margarin.

Kandungan lemak dalam minyak kelapa bisa langsung diserap oleh tubuh tanpa memerlukan energi dan tidak disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Itu artinya minyak kelapa bisa meningkatkan energi, meningkatkan kolesterol baik dan menyeimbangkan gula darah tanpa menambah berat badan, kolesterol dan resiko kesehatan lain yang biasa disebabkan oleh lemak jenuh dan lemak trans.

Tidak hanya itu, minyak kelapa juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri dan mikroba, antioksidan, anti jamur, anti peradangan, anti parasit dan bahkan anti virus.

Untuk perawatan kulit terutama, kamu lebih baik mencoba VCO atau virgin coconut oil. Berbeda dengan minyak kelapa biasa virgin coconut oil diproses secara alami. Perbedaan virgin coconut oil dan minyak kelapa biasa adalah jumlah proses penyulingan yang dilalui oleh keduanya.

Perbedaan virgin coconut oil dan minyak kelapa organik biasa

Minyak kelapa yang disuling biasanya akan dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur dibawah sinar matahari. Pada prosesnya minyak kelapa akan dibuat menjadi lebih putih dan juga dihilangkan baunya, tentu saja menggunakan bahan kimia.

Sementara virgin coconut oil tidak melalui proses penyulingan, melainkan minyaknya langsung diekstrak dari daging kelapa. Prosesnya dilakukan secara alami tanpa melalui penyulingan buatan ataupun tambahan bahan kimia yang digunakan selama prosesnya berlangsung.

Virgin coconut oil biasa dijual dalam bentuk cair dan padat. Untuk perawatan kulit lebih baik pilih yang padat karena akan akan jarang digunakan, tidak seperti untuk memasak.

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan perawatan kulit

Pelembab kulit alami
Minyak kelapa memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal memelihara kelembaban kulit, disamping itu aromanya pun juga enak.

Mengatasi kulit kering
Kandungannya sebagian besar adalah lemak, jadi sangat bermanfaat untuk membuat kulit jadi lebih kenyal, menghaluskan dan mendinginkan.

Meringankan rasa gatal dan kering, sangat cocok untuk yang punya gangguan kulit seperti dermatitis atau psoriasis.

Perawatan kulit yang baik
Minyak kelapa mengandung perantara asam lemak yang dapat terserap kedalam kulit, dimana dapat dimanfaatkan langsung untuk nutrisi dan energi. Menghasilkan energi untuk kulit disaat sedang dalam masa penyembuhan.

Terbukti sebagai antiseptik dan anti bakteri
Memiliki kemampuan antibakteri dan anti jamur. Tidak satupun obat atau antibiotik yang memiliki dua kemampuan sekaligus seperti itu.

Minyak kelapa membatasi jumlah mikroba di lapisan kulit, membersihkan dari berbagai macam kondisi seperti psoriasis, dermatitis, eczema dan infeksi kulit lainnya.

Pengobatan alami untuk jerawat
Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk menyembuhkan jerawat[link related content]. Mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Caranya, steam wajah dengan air hangat, oleskan lapisan tipis minyak kelapa dan biarkan selama 2 menit kemudian bilas sampai bersih. Jangan tinggalkan dikulit wajah sedikitpun karena bisa menyumbat pori pori dan malah menimbulkan masalah baru.

Selain itu juga mampu menyembuhkan luka akibat jerawat dan komedo.

Antioksidan yang sangat kuat, bisa menghaluskan wajah dari kerutan
Untuk melawan radikal bebas pada kulit, tubuh membutuhkan jumlah antioksidan yang cukup. Minyak kelapa menyediakan 2 antioksidan, asam ferulic dan asam p-courmaric.

Membuat wajah terlihat awet muda
Meningkatkan kualitas dan penampilan kulit dengan menyisihkan sel kulit mati dan mengurangi kulit yang bersisik.


Hasil penelitian ilmiah manfaat minyak kelapa untuk/bagi kesehatan kulit

Efek dari penggunaan topikal(pemakain luar/dioles) dari virgin coconut oil pada kulit yang terluka telah diteliti. Hasilnya, luka yang diolesi dengan virgin coconut oil bisa sembuh lebih cepat.

Asam laurat yang terdapat didalam minyak kelapa terkonversi menjadi monolaurin di dalam tubuh kita. Tingkat efektivitas monolaurin dalam melawan mikroba/bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi kulit juga telah diuji. Ditemukan bahwa monolaurin memiliki tingkat kepekaan yang cukup tinggi akan bakteri yang menyebabkan infeksi kulit. Selebihnya, banyak bakteri yang tidak menunjukan reaksi perlawanan padanya.

Aktivitas antioksidan dari virgin coconut oil pada proses penyembuhan luka juga telah diteliti. Ditemukan bahwa tingkat antioksidan dan tingkat penyembuhan pada tubuh meningkat, yang mana menghasilkan pembentukan sel dan pembuluh darah di area luka lebih cepat.

Efektivitas dan keamanan dari virgin coconut oil sebagai pelembab terapi untuk gangguan xerosis sedang(kondisi kulit yang kering, kasar, bersisik dan gatal) telah dipelajari. Minyak kelapa menunjukkan manfaat yang signifikan dalam hal menghidrasi/melembabkan kulit. Pengujian dan pengamatan langsung juga mennjukkan perubahan bertahap pada penderita xerosis dengan minyak kelapa. Keamanannya juga telah dibuktikan dengan tidak adanya efek samping selama pengujian. Kesimpulannya bahwa minyak kelapa efektif dan aman digunakan sebagai pelembab kulit.

Kapasitas antioksidan dalam virgin coconut oil sesuai dengan jumlah senyawa fenolik, asam ferulic dan asam p-coumaric. Virgin coconut oil memiliki efek terbaik dalam hal mengatasi radikal bebas dan aktivitas antioksidannya.

Karena banyak manfaat yang bisa didapat dari minyak kelapa, oleh karena itu ada banyak sekali kegunaan minyak kelapa yang kamu perlu tahu.

You Might Also Like

0 comments