24 Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Kulit Kering saat Puasa

16.52.00

Tubuh kamu akan kehilangan dan tanpa asupan cairan selama berjam-jam saat berpuasa, tapi bukan berarti tidak bisa diatasi dengan pilihan menu yang efektif. Beberapa buah dan sayuran memiliki kandungan air lebih tinggi dibanding yang lain, kamu bisa pilih dan kombinasikan untuk hidangan berbuka atau sahur. Berikut 24 makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi setiap hari untuk menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering saat menjalankan puasa.

Timun
Seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, timun memiliki kandungan air yang cukup banyak. Tetapi bukan cuma itu saja, nutris yang ada dialamnya juga bermanfaat bagi kesehatan kulit kamu. Timun kaya akan vitamin C, asam kafeat yang membantu mendinginkan kulit. Jadi jangan buang atau sisakan timun kamu saat makan nasi goreng yah.

Air Kelapa
Nah ini cocok buat suka buka pake sop buah, es belehwah atau es kelapa biasa. Sangat mudah ditemukan waktu bulan puasa, karena beberapa hidangan berbuka menggunakan air kelapa sebagai salah satu bahannya. Air kelapa adalah cairan yang terbaik untuk menggantikan elektrolit yang terbuang seharian selama berpuasa. Mengandung vitamin dan mineral yang menyegarkan tubuh kembali setelah seharian mengalami dehidrasi.

Semangka
Air menjadi 90% bagian utama dari buah yang merah dan segar ini. Semangka merupakan salah satu buah yang sanggup menggantikan cairan tubuh dengan baik. Memiliki kandungan garam, kalsium, magnesium, posatium dan sodium.

Nanas
Sesekali cobalah kamu awali berbuka dengan buah yang satu ini. Nanas mengandung bromelain yang memiliki banyak manfaat kesehatan, sangat baik juga untuk pencernaan. Selain itu nanas juga bagus untuk detoksifikasi tubuh secara alami untuk mengurangi berat badan.

Seledri
Sayuran renyah ini mengandung 96% air, tapi juga memilik kombinasi garam mineral, asam amino dan vitamin yang setelah diteliti ternyata bisa menghidrasi tubuh 2 kali manfaat dari segelas air.

Air Putih ditambah Lemon
Seperti yang diketahui bahwa 60% tubuh manusia adalah cairan. Setelah seharian menjalani aktivitas dan berkeringat telah mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Menambahkan air perasan jeruk lemon memberikan asupan vitamin C dan enzim sitrat. Minum air yang cukup sebelum sahur dan sesudah berbuka sangat dianjurkan untuk menjaga kelancaran puasa kamu.

Wortel
Terlepas bentuknya yang padat dan keras, wortel ternyata memiliki kandungan air yang cukup banyak, 90%. Memiliki betakaroten lebih banyak dibading sayuran lainnya. Betakaroten membantu menjaga kesehatan mata, dan juga melindungi tubuh dari resiko kanker.

Apel
Sebuah apel sehari bisa menjauhkan kamu dari dokter, itu merupakan ucapan lama yang ternyata memiliki alasan. Apel sangat menyegarkan dan juga dapat merendahkan tingkat kolesterol, menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung dan bahkan kanker. Tahukah kamu, apel hijau memiliki kadar gula yang lebih rendah dibanding apel merah.

Paprika
Mengandung 92% air dan kaya akan nutrisi lain seperti vitamin C, tiamin, vitamin B6, betakaroten dan asam folat. Masukan paprika dalam salah satu resep masakan kamu untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kubis
Sayuran yang sangat menyehatkan untuk dikonsumsi ini diketahui bisa menurunkan kolesterol dan memiliki banyak vitamin C, membuatnya baik untuk kecantikan kulit. Membantu menyehatkan tubuh dari dalam dan luar. Buat yang sedang dalam program diet, masukkan kubis kedalam daftar menu kamu. Kandungan serat dan probiotik alaminya sangat bagus untuk pencernaan, selain itu juga membuat kulit lebih sehat dan berseri-seri. Makan selagi mentah adalah salah satu cara terbaik untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

Alpukat
Buah ini bisa kamu temukan di dalam sop buah saat ramadhan. Tapi itu masih belum cukup kamu membutuhkan segelas alpukat untuk hasil yang lebih efektif. Sangat tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 membuat alpukat buah yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Pir
Dibalik rasa manis dan segarnya, satu buah pir mengandung 6 gram serat atau 24 persen dari kebutuhan harian tubuh kamu. Dan lagi serat yang terdapat di dalam buah pir merupakan serat yang mudah diserap sehingga sangat membantu dalam hal mengurangi berat badan.

Mangga
Buah yang sering ada dalam rujak ini menyediakan kalori dalam jumlah banyak, sekitar 135 kalori per buah. Sangat banyak kandungan vitamin A, B6 dan C, tidak ketinggalan serat tentunya.

Yogurt
Saat mengalami dehidrasi, tubuh akan kehilangan elektrolit yang ada dalam air. Karena yogurt memiliki jumlah sodium dan potasium yang cukup, jadi bisa menggantikan elektrolit yang hilang dan menyegarkan tubuh lagi.

Stroberi
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah stroberi secukupnya dalam sehari, cenderung memiliki kadar vitamin B folat yang tinggi dalam darah, yang mana menjaga arteri tetap bersih. Apalagi kalau kamu bisa memilih yang organik karena lebih bernutrisi dan memiliki rasa yang lebih segar.

Brokoli Mentah
Mengandung vitamin C, serat, kalsium dan beberapa kalori. Dan lagi kandungan airnya sebanyak 91 persen.

Bayam Mentah
Satu mangkuk bayam mampu menyediakan lebih dari 50 persen kebutuhan harian vitamin A kamu, sama halnya dengan kadar protein dan vitamin C yang juga dikandungnya.

Tomat
Terdapat 95% bagian air didalam tomat dan mengandung cukup tinggi jumlah antioksidan. Satu buah tomat akan memberikan asupan 40% vitamin C yang kamu butuhkan dalam sehari. Artinya satu lagi sayuran yang baik untuk kecantikan kulit kamu.

Agar-Agar
Jelly atau agar-agar tanpa gula sangat rendah kalori, manis dan menyegarkan sangat cocok untuk berbuka tapi bagi yang tidak suka hidangan terlalu manis.

Cincau Hitam
Sebagian orang akan mengalami panas dalam saat berpuasa, berbuka dengan cincau hitam bisa jadi pilihan untuk meredakannya. Memiliki kandungan vitamin A, B1 dan C, serta karbohidrat dan mineral. Pilih cincau untuk jadi campuran minuman dingin berbukan kamu sore ini.

Lobak
Ternyata bisa mengurangi resiko penyakit batu ginjal, karena lobak kaya akan kandungan kalium. Sayuran yang satu ini kaya akan air dan vitamin C, selain itu juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mengatasi peradangan.

Ikan
Salmon, sarden dan makerel ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Hal ini disebabkan lemak omega-3 yang menguatkan sel kulit, melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, mencegah kanker dan membantu mengurangi iritasi. Beberapa jenis ikan lain juga mengandung selenium, yang menjaga jumlah elastin yang menjaga kulit kamu tetap elastis, halus dan kencang. Oia, hindari ikan yang digoreng kering, karena lemak dalam minyak tidak baik bagi kulit. Pilihan alternatifnya adalah dibakar, dipanggang atau direbus.

EVOO, Extra Virgin Olive Oil
Minyak zaitun mengandung banyak sekali jumlah vitamin E dan lemak baik, sudah pasti akan melembabkan kulit kamu baik dari dalam dan dari luar, untuk penggunaan topikal(dioles). Bisa jadi salah satu pilihan kamu saat menumis atau jadi bahan tambahan salad.

Telur
Kaya akan protein yang membantu regenerasi sel dan juga sulfer dan lutein, yang mana menjaga kadar cairan dalam kulit dan menjagannya tetap elastis.

Tinggil dipilih deh buat buka dan sahur nanti kamu mau cobain yang mana aja, udah punya bayangan mau dibikin apa aja nih kira-kira? Makanan yang kamu konsumsi merupakan perawatan kesehatan kulit dari dalam, sedankan untuk perawatan dari luar kamu bisa mencoba membuat masker wajah untuk kulit kering dari buah, sayur ataupun bahan makanan lain yang bisa kamu temukan di dapur.

You Might Also Like

0 comments