Cara Menghilangkan Jerawat Ketika Haid

20.58.00

Cara Menghilangkan Jerawat Ketika Haid



Ga ada yang lebih ngeselin dibanding lagi dapet plus jerawatan juga. Perasaan ga nyaman dan mood yang berantakan ditambah dengan bagian wajah yang memerah dan sensitif banget kalo kesenggol, perih dan mengganggu banget deh pokoknya. Sempurna.

Jerawat yang terbentuk pada masa awal menstruasi, biasa disebut 'menstrual acne' terjadi pada sekitar 60 persen wanita saja. Biasanya berlangsung selama 7 sampai 10 hari sebelum menstruasi dimulai dan akan mulai membaik perlahan seiring selesainya masa menstruasi. Sebagian wanita memang tidak mengalami masalah jerawat pada masa sebelum menstruasi dan juga sesudahnya.

Sebum yang merupakan zat berminyak yang berfungsi sebagai pelumas dibawah lapisan kulit, akan terproduksi berlebihan selama masa menstruasi dimana tingginya hormone progresteron. Hal ini menyebabkan pembengkakan, pori-pori akan menutup dan menyumbat dan membuat sebum terperangkap didalamnya. Hasil timbunan sebum dibawah lapisan kulit inilah yang pada akhirnya berkembang menjadi jerawat atau komedo.

Cara Mengatasi Jerawat Saat Datang Bulan


  1. Jaga wajah dari sentuhan tangan agar tetap bersih. Cuci muka secara rutin untuk mencegah endapan bakteri yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.
  2. Hindari wajah agar tidak terlalu kering, karena hal ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Gunakan pembersih wajah yang tidak terlalu keras.
  3. Jaga kulit agar tetap lembab dan lembut, dengan memastikan tetap menggunakan pelembab wajah yang cocok.
  4. Perhatikan asupan makanan kamu juga. Tambahkan camilan yang kaya protein termasuk seperti kacang-kacangan. Konsumsi juga makanan yang kaya akan kandungan omega, ikan laut adalah sumber utamanya.
  5. Kurangi tingkat stress yang paling sering menyebabkan timbulnya jerawat selama masa menstruasi.
  6. Lakukan olahraga secara rutin untuk menyehatkan kulit juga. Pilih yoga atau meditasi untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Hal ini tidak hanya menyegarkan tubuh dan pikiran, kulitpun akan terasa lebih enak.
  7. Konsumsi multivitamin dan suplemen untuk memperbaiki sel kulit yang mungkin rusak.
  8. Tingkatkan jumlah konsumsi air mineral harian kamu karena air bisa membantu membersihkan kotoran di darah yang membuat kulit tetap bersih.
  9. Jika kamu merokok, ini waktunya buat stop, karena rokok juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat, terlebih pada masa menstruasi.


Konsumsi Suplemen Untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Tambah asupan vitamin A, E dan C selama masa siklus menstruasi. Vitamin A mengandung retinoid yang membantu mencegah jerawat yang disebabkan oleh perubahan hormon. Selain itu Vitamin A juga memiliki betakarotin yang merupakan zat pencegah timbulnya bakteri pemicu jerawat. Vitamin E membantu menjaga kadar retinol sementara Vitamin C membantu membersihkan kulit dari kotoran dan menjaganya tetap bersih.

Cara Alami Membersihkan Sel Kulit Mati Selama Datang Bulan

Untuk membersihkan lapisan kulit yang rusak dan mati dari wajah, kamu bisa memanfaatkan exfoliant wajah alami.

Bahan:


  • 1 sendok makan baking soda
  • 1 sendok makan air


Caranya:


  1. Ambil sebuah mangkukmasukan 1 sendok makan baking soda, 1 sendok makan air dan campur hingga rata dan mengental
  2. Basuh wajah dengan air hingga basah, oleskan hasil campuran tadi merata di wajah dengan pijatan lembut, hindari bagian mata dan bibir
  3. Baking soda dikenal sebagai salah satu exfoliant kulit yang alami
  4. Setelah beberapa menit bilas sampai bersih dengan air hangat


Cuci Muka di Pagi Hari dan Sebelum Tidur

Bersihkan wajah setiap pagi saat bangun tidur dan setiap malam dengan sabun pembersih yang ringan. Hasil penelitian di The University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa, jika kamu mencuci muka lebih dari dua kali sehari atau menggunkan pembersih yang mengandung scrub, hal ini justru membuat jerawat semakin parah. Selain itu juga disarankan untuk menggunakan produk perawatan wajah yang bebas kandungan minyak dan tidak memiliki efek samping menyumbat pori-pori.

You Might Also Like

0 comments

Statcounter

Support




Health


Top Blogs


W3 Directory - the World Wide Web Directory