6 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

00.29.00

Ada banyak cara untuk menghitamkan rambut, salah satunya dengan menggunakan cat rambut tapi cara ini dapat merusak kesehatan rambut jika digunakan secara berlebihan. Rambut menjadi kasar, rapuh dan mudah rontok sampai perubahan warna merupakan efek samping dari penggunaan cat. Untuk itu kamu bisa mencoba alternatif lain sebagai cara untuk menghitamkan rambut, yaitu menggunakan cara yang lebih alami, selain aman juga terjangkau.

Bagaimana, cara menghitamkan rambut secara alami dan permanen?

Menghitamkan rambut secara alami dapat membantu mengurangi pengeluaran berlebihan jika kamu pergi kesalon, karena sebenarnya ada banyak bahan di dapur kamu yang bisa dimanfaatkan. Kopi dan Kacang Walnut contohnya dapat digunakan sebagai bahan alami penghitam rambut. Kabar baiknya menghitamkan rambut secara alami selain menghindari kerusakan kimia dari kosmetik, kamu juga bisa lebih santai dan rileks karena perawatan ini bisa kamu lakukan di kamar mandi pribadi yang pastinya sangat nyaman.

Baca juga: Masker Gula Pasir untuk membersihkan wajah kamu sampai ke dalam pori-pori.

Teh Hitam

Teh Hitam memiliki kandungan bahan/zat alami yang dapat digunakan sebagai pewarna untuk rambut kamu. Bahan ini dapat digunakan bagi yang memiliki rambut berwarna coklat, tapi menginginkan warna yang lebih gelap dan pekat. Untuk menghitamkan rambut secara efektif dengan teh hitam, penting untuk diperhatikan melakukan pembilasan berkali-kali selama satu sampai dua minggu. Jika tidak hasilnya tidak akan bertahan lama seperti seharusnya.

Cara menghitamkan rambut dengan teh :
1.Seduh teh hitam yang kental, disesuaikan dengan panjang rambut kamu.
2.Gunakan teh untuk membilas rambut yang telah menggunakan shampo.
3.Bilas sekitar 3 kali untuk hasil hitam yang maksimal.
4.Pada bilasan terakhir biarkan selama 15 menit, sebelum benar-benar dibilas bersih dengan air.
5.Ulangi setiap minggu untuk hasil yang optimal.

Baca juga : Obat Jerawat di Kepala

Kacang Kenari

Metode lain yang dapat digunakan untuk menghitamkan rambut yaitu dengan kacang kenari.
1.Ada banyak jenis kenari dipasaran, mulai dari yang hijau sampai hitam, disarankan kamu membeli yang warna hitam.
2.Pecahkan tiap kacang kenari dan masukan kedalam panci berisi air dan rebus sekitar 15 s/d 25 menit.
3.Saring air yang telah menghitam beberapa kali untuk membuang sisa kulit kacang kenari. Berhati-hatilah dengan air rebusan kacang kenari ini, karena bila terkena kulit atau pakaian akan meninggalkan noda, butuh waktu berhari-hari untuk memudar dari kulit dan tidak akan hilang dari pakaian.
4.Ganti pakaian kamu dengan pakaian yang lama sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan noda yang ditinggalkan. Pastikan juga kamu menutupi area sekitar kamu dengan koran, agar noda tidak tertinggal pada karpet atau lantai.
5.Kenakan sarung tangan dan oleskan cairan pewarna secara merata pada rambut dan biarkan sekitar 30 menit. Untuk hasil yang lebih gelap biarkan lebih lama, tapi jangan biarkan rambut sampai mengering masih dengan pewarna yang belum dibilas. Pastikan sampai kamu mendapatkan hasil warna hitam yang diinginkan.
6.Saat membilas pewarna, lakukan dengan posisi membungkuk  sehingga rambut kamu menggantung kebawah dan bilas. Jangan lakukan hal ini dikamar mandi karena pewarna akan mengalir ke flush. Setelah itu cuci rambut dengan shampo sampai bersih. Jika kamu belum mendapatkan hasil rambut hitam seperti yang diinginkan ulangi proses tersebut.

Henna

Salah satu alternatif lain adalah menggunakan Henna sebagai pewarna, yang merupakan pewarna alami semi permanen. Henna yang biasa digunakan untuk body-art biasa dijual di toko adalah campuran karena lebih murni, dan aman digunakan untuk rambut.

Untuk menghitamkan rambut dengan henna begini caranya:
1.Beli Henna sesuai dengan kebutuhan dan ketebalan rambut kamu.
2.Campur henna dengan jus jeruk kemasan sampai memiliki konsistensi yoghurt.
3.Biarkan selama satu malam dengan suhu ruangan untuk digunakan besok.
4.Gunakan pewarna henna untuk mencuci dan mengeringkan rambut, gunakan pakaian yang siap ternoda.
5.Oleskan henna dengan jumlah yang cukup banyak/tebal dan pastikan menjaga rambut tetap terbungkus dan lembab saat proses pengecatan.
6.Biarkan henna sekitar dua jam atau lebih dan secukupnya sebelum dibilas dengan shampo dan kondisioner.

Kopi

Kopi bisa juga jadi bahan alami untuk menghitamkan rambut kamu, begini caranya:

  1. Seduh kopi yang murni
  2. Biarkan sampai dingin
  3. Tuang kopi kedalam mangkuk
  4. Keramas rambut kamu dengan kopi beberapa kali
  5. Bilas rambut kamu dari kopi sampai bersih
  6. Cuci dengan sampo dan kondisioner
  7. Kemudian keringkan
Ini merupakan salah satu cara yang cukup sederhana dan hasilnya bisa terlihat relatif cepat. Kopi yang menyerap di rambut kamu membuatnya menjadi semakin hitam pekat. Pemakaian pertama hanya akan membuat rambut kamu sedikit lebih gelap dan hitam, jadi kalau kamu ingin hasil yang lebih maksimal ulangi prosesnya beberapa kali lagi ya. Kopi bisa menghitamkan rambut berwarna apapun tapi hasil yang terbaik yang dapat dilihat pada rambut berwarna coklat.

Baca juga : Cara membuat Masker Coklat untuk Wajah

Coklat

Coklat adalah alternatif lain lagi yang bisa kamu cobain untuk rambut lebih hitam dengan alami pastinya. Caranya cukup mudah kok, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan sebotol sampo yang biasa kamu pakai
  2. Keluarkan setengahnya atau kalau memang sudah tinggal setengah lebih bagus
  3. Isi setengahnya dengan coklat
  4. Kocok sampai sampo dan coklat tercampur merata

Coklat akan menghitamkan rambut kamu secara perlahan. Warna kehitaman alami di dalam rambut akan dihasilkan dari keramas menggunakan coklat ini. Mungkin ini bukan cara yang paling ampuh bagi yang memiliki rambut cerah(pirang), tapi ini tidak jadi masalah bagi wanita Indonesia yang berambut hitam. Nilai plus lainnya yaitu aroma rambut yang menjadi wangi khas coklat, hmmm.

Mustard Seed Oil

Mustard seed oil adalah bahan alami lain yang bisa membuat rambut kamu jadi makin hitam.

Oleskan mustard seed oil pada malam hari sebelum tidur pada rambut kamu. Biarkan mengering sampai pagi. Kemudian bilas keesokan harinya.

Ini merupakan cara yang bisa kamu coba dan hasilnya bisa terlihat jika rutin dilakukan. Meskipun butuh proses tapi penggunaan bahan alami seperti ini tidak akan memberikan efek samping apapun bagi kesehatan rambut. Rambut akan terlihat lebih tebal, lebih kuat dan juga lebih hitam.

You Might Also Like

0 comments