Masker Wajah Alami, Perawatan Kecantikan Mudah dan Murah

11.35.00

Banyak yang bilang bahwa kecantikan kulit berasal dari dalam, maksudnya apa yang kamu konsumsi akan mempengaruhi penampilan kulit kamu. Tapi bagaimana kalau ditambah juga dari luar, hasilnya perawatan kecantikan luar dan dalam, pastinya lebih maksimal. Asupan sehat seperti buah dan sayur memang sangat baik untuk kesehatan kulit, membuatnya lebih lembab, lebih kenyal dan tetap terawat.

Selain dengan dikonsumsi setiap hari, vitamin dan nutrisi dalam buah ataupun sayur bisa juga didapatkan dengan langsung mengoleskannya ke kulit kamu. Dengan memadukan beberapa kombinasi bahan makanan yang ada di dapur kamu bisa membuat masker wajah alami sendiri di rumah. Manfaatnya sudah jelas tidak perlu diragukan lagi, sementara keamanannya pun juga, sudah pasti tidak mengandung bahan kimia tambahan seperti yang terdapat dalam produk kecantikan buatan pabrik.

Tetap cantik sekaligus hemat pengeluaran

Harga buah dan sayuran di pasaran memang tidak murah, tapi bukan itu maksudnya. Jika kamu membeli bahan-bahan alami ini kamu bisa menggunakannya untuk dua hal sekaligus, pertama untuk dikonsumsi, kedua untuk memanjakan kulit kamu. Dibanding membeli produk kosmetik dengan label harga yang cukup menguras pengeluaran, pilihan penggunaan produk alami ini jauh lebih hemat. Kamu bisa membeli madu untuk diminum dan sesekali juga bisa dipakai untuk bahan masker, multifungsi.

Perawatan yang praktis dan mudah

Ada banyak alat-alat dapur yang bisa digunakan untuk masker wajah, seperti mangkuk, sendok, pisau, pengocok telur, bahkan blender merupakan barang yang lazim ditemukan di setiap rumah. Sesekali kamu mungkin akan membutuhkan oven atau microwave untuk mencairkan coklat misalnya, tapi inipun masih bisa diakalin dengan menggunakan mangkuk dan air panas. Jadi ada banyak cara membuat masker yang bisa divariasikan, hal ini akan membuat kamu bebas berkreasi dalam prosesnya.

Menyenangkan

Mungkin itu kata yang paling tepat untuk menggambarkan bila kamu mencoba menciptakan sesuatu sendiri. Mencampur beberapa bahan yang berbeda dan menciptakan sesuatu adalah hal yang seru. Tidak jarang juga pasti beberapa resep masker ini rasanya cukup enak lidah dan sekali dua kali pasti kamu secara tidak sadar akan mencicipinya.

Membuat masker wajah sendiri di rumah tidak memerlukan bahan yang ribet dan mahal, semuanya bisa kamu dapatkan dari dapur dan lemari es. Bahan-bahan yang dibutuhkan rata-rata merupakan produk makanan atau minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari atau bisa juga bahan yang biasa untuk membuat kue.

Rileks

Aroma yang dihasilkan dari bahan seperti coklat, madu dan susu bisa dibayangkan akan memberikan keharuman yang lezat. Memberikan rasa nyaman disaat kamu berbaring selama beberapa menit menunggu nutrisi dari masker menyerap melalui tiap pori-pori kulit wajah, dan menghasilkan wajah yang lebih segar dan terawat setelah dibilas.

Buah-buahan untuk masker wajah

Alpukat

Sangat bagus untuk melembabkan kulit wajah kamu yang berjenis kering, ditambah bisa juga mengatasi bintik hitam yang disebabkan penuaan, serta membersihkan pori-pori.

Stroberi

Buah yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan bahan masker wajah karena kandungan vitamin C yang berlimpah di dalamnya. Selain itu stroberi juga kaya akan asam alpha-hydroxy yang membantu menghapus lapisan sel kulit mati. Masker storberi dapat menyegarkan wajah kusam atau juga yang rawan jerawatan.

Dan masih banyak buah lain yang bisa dijadikan bahan salah satu resep masker untuk menyehatkan dan merawat kulit wajah kamu di akhir pekan.

Manfaatkan nutrisi dalam sayur untuk kulit

Timun

Dikenal dengan khasiatnya yang sangat baik untuk mendinginkan wajah dan mengurangi pembengkakan. Kalau mata kamu bengkak di pagi hari ambil dua potong timun dan tempelkan pada kelopak mata selama beberapa saat. Bila sempat, blender beberapa potong ditambah yogurt dan jadilah masker wajah timun. Wajah akan terasa sangat dingin dan bagus banget untuk mengatasi kemerahan.

Tomat

Satu lagi sayur yang kaya akan vitamin C, antioksidan dan nutrisi penting lainnya untuk menyehatkan kulit. Tomat bisa kamu gunakan untuk menghaluskan kulit wajah, mengatasai noda dan bintik hitam,  mencerahkan serta mengatasi kerutan.

Coba lihat apa yang ada di dalam kulkas

Telur

Tidak hanya lezat dijadikan menu sarapan kamu tapi juga punya manfaat kecantikan bagi kulit. Kamu bisa menggunakan telur untuk perawatan alami bagi wajah maupun rambut. Telur dikenal bisa digunakan sebagai kondisioner untuk rambut dan mengencangkan kulit. Selain itu juga bisa mengatasi  noda dan membuat wajah jadi bercahaya.

Yogurt tawar

Mengembalikan wajah yang kusam dan melembabkannya lagi. Yogurt yang dibuat menjadi masker bisa mengatasi kulit yang tersengat sinar matahari dan meringankan iritasi.

Es batu

Ini satu lagi pilihan bahan yang sangat terjangkau, tapi manfaatnya bisa mencerahkan dan membuat wajah berseri-seri. Es batu bisa digunakan untuk segala jenis kulit baik normal, kering atau berminyak.

Mengoleskannya pada wajah bisa melancarkan peredaran darah dan menguatkan pembuluh darah dibalik kulit. Es batu juga bisa mengurangi ukuran pori-pori dan kerutan. Untuk kulit yang bermasalah es batu bisa digunakan pada luka di wajah untuk mempercepat penyembuhan.

Madu

Pilih madu yang murni, tanpa tambahan pemanis atau rasa. Berfungsi sebagai antibakteri, madu telah digunakan berabad-abad lamanya. Oleskan pada luka terbuka atau jerawat, karena penyebab timbulnya jerawat adalah bakteri. Madu merupakan humektan alami yang bermanfaat melembabkan kulit dan menghidrasinya.

Jenis-jenis masker wajah alami

Perawatan menggunakan makanan yang dioleskan langsung ke wajah semakin marak dan variasinya pun semakin banyak. Ada beberapa jenis masker yang berbeda rupanya jika dilihat dari proses pemakaiannya. Mulai dari yang paling umum dengan teksturnya yang kental dan cukup dioles dan dibiarkan beberapa saat, ada juga yang dibiarkan mengering dan kemudian dikelupas. Satu lagi mungkin tidak bisa disebut masker tapi juga bagian dari perawatan wajah yang bisa kamu coba sendiri di rumah, yaitu scrub wajah.

Masker tradisional

Paling banyak digunakan dan sudah cukup lazim, menggunakan campuran bahan buah dan bahan tambahan lain. Lebih sering dalam bentuk kental seperti pasta dan terkadang semua bahannya masih mentah ada juga yang membutuhkan proses "memasak" sebentar. Untuk masker yang sudah sering digunakan ini, biasanya akan butuh waktu beberapa setelah dioles ke wajah dan sebagian besar perlu dibiarkan mengering baru dibersihkan.

Masker peel off untuk mengangkat komedo

Oles - biarkan mengering dan kelupas/keletek, inilah perbedaannya dibanding masker wajah biasa. Masker jenis ini menggunakan bahan seperti putih telur atau gelatin yang bila mengering akan berubah seperti karet dan menempel kencang di wajah. Fungsinya adalah mengangkat kotoran sampai ke pori-pori, termasuk komedo dan kotoran yang menyumbat. Bagi yang pernah menggunakan masker jenis ini baik yang dijual di toko kosmetik pasti tahu sensasi saat menarik lepas masker, membuat wajah terasa lebih bersih dan fresh.

Scrub wajah untuk membersihkan lapisan kulit mati

Bisa dibilang secara teknis ini adalah scrub/lulur karena selalu menggunakan bahan yang punya tekstur agak kasar dan penggunaannya biasa disertai dengan pijatan atau gosokan lembut pada wajah. Bahan yang biasa digunakan untuk proses exfoliatin dengan scrub wajah antara lain, gula pasir, oatmeal, kopi bubuk, garam dll.

Sekarang, setiap belanja bulanan aku bisa menghabiskan waktu lebih lama di bagian buah dan sayur, bukan cuma mau milih apa aja yang mau dimasak tapi juga bahan apa aja yang bisa dijadikan salah satu bahan kombinasi buat maskeran di rumah.

You Might Also Like

0 comments